Pembatasan Perjalanan Kereta Hanya Sisakan Prameks di Stasiun Lempuyangan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Stasiun Lempuyangan Yogyakarta maupun Stasiun Purwosari Solo tidak lagi melayani kereta jarak jauh terhitung sejak Jumat (24/404/2020). Kedua stasiun tersebut hanya melayani Kereta Prambanan Ekspres (Prameks) relasi Yogya – Solo Balapan PP serta kereta angkutan barang.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogya Eko Budiyanto, mengungkapkan sejak adanya pembatalan kereta api jarak jauh tujuan Bandung dan Jakarta, otomatis langsung berimbas pada operasional stasiun di daerah. “Sebelumnya masih terdapat dua perjalanan menuju Jakarta maupun Bandung yaitu KA Bima dan KA Kahuripan, namun sekarang sudah dibatalkan. Makanya Stasiun Lempuyangan dan Purwosari untuk sementara tidak melayani kereta jarak jauh,” urainya.

Kebijakan tersebut diberlakukan sementara hingga 30 April 2020 dan akan kembali dievaluasi. Jika ke depan pembatalan perjalanan kereta jarak jauh diperpanjang, PT KAI akan kembali menginformasikan ke masyarakat. Sehingga warga yang hendak melakukan perjalanan jarak jauh diminta tidak menuju kedua stasiun tersebut.

Meski demikian, saat ini juga hanya tersisa dua kereta jarak jauh yang beroperasi melintasi Daop 6 Yogya, yaitu KA Wijayakusuma relasi Cilacap – Ketapang PP dan KA Ranggajati relasi Cirebon – Jember PP. Selain itu terdapat delapan perjalanan kereta lokal Prameks yang masih tetap beroperasi seperti biasanya. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI