Pembebasan Napi Bikin Warga Resah, ‘Warning’ Buat Pemda DIY

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Pembebasan narapidana sebagai imbas wabah Virus Corona oleh Kementrian Hukum dan HAM di wilayah DIY menuai berbagai polemik di masyarakat. DPRD DIY pun meminta Pemda untuk mempersiapkan betul sisi keamanan untuk mencegah hal-hal negatif tak diinginkan.

Anggota Komisi A DPRD DIY, Retno Sudiyanti mengatakan asimilasi bagi narapidana harus mendapat perhatian serius terutama terkait unsur keamanan. Menurut dia, di kota-kota lain eks narapidana yang dibebaskan cepat beberapa melakukan kejahatan lagi dan akhirnya harus kembali masuk bui.

“Kami meminta agar Pemda DIY juga memberi perhatian terhadap unsur keamanan yang ada. Terkait bebasnya para napi umum pihak Pemda juga harus memiliki skenario penanganannya, baik pendataan maupun cara mengatasi apabila muncul permasalahan,” ungkapnya pada wartawan Selasa (14/4/2020).

Dewan menurut Retno tidak serta merta membubuhkan cap negatif bagi eks narapidana yang mendapatkan asimilasi dari Kementrian Hukum dan HAM. Hanya saja menurut dia, dampak ikutan harus bisa diskenariokan oleh stakeholder di DIY.

BERITA REKOMENDASI