Pembelajaran di Sekolah Harus Berorientasi Kecakapan Abad 21

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Kegiatan In House Trakning (IHT) diselenggarakan SDN Kotagede 3, Rabu (13/10/2021) diikuti oleh Kepala Sekolah dan seluruh guru. Kegiatan IHT ini menghadirkan pemateri Dholina Inang Pambudi MPd, dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar/PGSD Fakultas Keguruab dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Dholina menyampaikan materi seputar Penerapan Pendekatan Technological Pedagocal Content Knowledge (TPACK) dalam Pembelajaran Berorientasi Kecakapan Abad 21. TPACK merupakan pengetahuan yang diperlukan untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran.

“Kecakapan Abad 21 memiliki arah menyiapkan peserta didik menjadi pribadi yang memiliki keseimbangan antara kecerdasan kognitif, afektif dan psikomotorik,” ujarnya, Kamis (14/10/2021).

Dijelaskan Dholina, adapun 4 komponen kecakapan hidup Abad 21 meliputi kemampuan berpikir kritis (critical thingking), kolaborasi (collaboration), komunikasi (comunication), dan kreatif (creative). Peserta didik tidak hanya dituntut menguasai hardskill namun juga softskill sebagai bekal hidup kelak. Dengan demikian perlu penerapan pendekatan pembelajaran yang efektif terlebih di era Abad 21 yang akrab dengan teknologi dan dunia digital.

“Harapannya guru dapat menentukan langkah bijak dalam merancang pembelajaran dengan menerapkan prinsip memadukan pengetahuan materi ajar, pedagogik, serta Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau yang dikenal dengan TPACK,” tuturnya.

Sedangkan Rumgayatri SPd, Kepala SD Kotagede 3 sangat mendukung kegiatan IHT dan ikut mendampingi hingga akhir acara.
Ketua Panitia IHT Nur Sri Widyastuti MPd berharap agar kelak para guru mampu mengaplikasikan pendekatan TPACK dalam pembelajaran berorientasi kecakapan Abad 21 sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. (Jay)

UAD

BERITA REKOMENDASI