Pemberian STB untuk TV Digital Diharapkan Tepat Sasaran

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY menyebut sekitar 120 ribu Set Top Box (STB) akan dialokasikan untuk masyarakat di wilayah DIY. Masyarakat berharap penyaluran alat dekoder TV analog ke digital ini tepat sasaran menjangkau masyarakat tidak mampu untuk bisa menikmati siaran berkualitas dengan gambar dan suara jernih.

Salah satu masyarakat literasi Yogyakarta, Baharuddin Kamba mengharapkan pemerintah bisa memastikan ketersediaan alat STB. Jangan sampai menurut Kamba, masyarakat khususnya tak tak mampu, terbebani karena harus membeli alat decoder.

“Jangan sampai masyarakat diminta untuk beralih ke siaran digital namun perangkatnya belum siap. Apalagi harus dibebankan kepada masyarakat dengan membayar atau membeli alatnya itu,” ungkap Kamba, Rabu (22/06/2022).

Di sisi lain, Kamba juga mengharapkan lembaga penyiaran untuk menyuguhkan konten-konten berkualitas bagi masyarakat seiring gambar dan suara yang juga makin baik. “Kami sebagai penikmat konten harapannya mendapatkan siaran yang mendidik. Siaran yang mengarah kepada tuntunan bukan tontonan,” tandas Kamba.

Sebelumnya, Ni Made Dwi Panti Indrayanti, Plt Kepala Dinas Kominfo DIY, mengatakan saat ini pihaknya terus berproses ASO dengan melakukan sosialisasi pada masyarakat. Menurut dia, Kominfo DIY bekerjasama dengan berbagai pihak untuk memastikan transformasi TV analog ke digital bisa berjalan dengan baik seauai program pemerintah pusat.

Made mengatakan, DIY akan menerima sekitar 120 ribuan STB untuk masyarakat di lima kabupaten/kota. Para penerima adalah masyarakat yang masuk dalam PKH Kementrian Sosial.

“Dari pusat akan ada bantuan (STB) untuk PKH. Untuk DIY, akan diberikan sejumlah 120 ribuan untuk warga masyarakat. Ini masih angka awal, akan ada pertemuan lagi bersama pusat, juga permohonan data PKH-nya,” ungkap Made. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI