Pemda DIY Bakal Gelar Open House dan Kenduri Ageng di Kepatihan

YOGYA, KRJOGJA.com – Mangayubagya pelantikan Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai Gubernur DIY dan Sri Paku Alam X sebagai Wakil Gubernur DIY, sejumlah agenda akan digelar masyarakat dan Pemda DIY sebagai bentuk ungkapan rasa syukur. Di antaranya penyelenggaraan Kenduri Ageng dan Open House untuk masyarakat umum pada Jumat (20/10/2017) di Bangsal Kepatihan Kompleks Pemda DIY.

"Acara Kenduri Ageng dan Open House ini digelar pukul 08.00-11.00 WIB dan terbuka untuk masyarakat umum. Masyarakat bisa bertemu langsung dengan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY untuk mengucapkan selamat dan ikut mangayubagya," kata Sekda DIY Gatot Saptadi di ruang kerjanya, Selasa (17/10/2017).

Gatot mengungkapkan, Kenduri Ageng dan Open House hanya satu dari beberapa acara perayaan atau mangayubagya atas pelantikan Gubernur dan Wagub DIY periode 2017-2022. Karena Pemda DIY didukung sejumlah pihak juga menyiapkan beberapa agenda lain termasuk di Kraton Yogyakarta dan Pura Pakualaman, seperti Gelar Budaya Rakyat. Kemudian pada 21 Oktober 2017 diselenggarakan Gelar Seni Mangayubagya di Gunung Purba Nglanggeran, Mangunan, Waduk Sermo dan Pantai Depok. Malam harinya diadakan Jamuan Syukuran di Bangsal Kepatihan yang akan dihadiri tokoh masyarakat, SKPD dan pejabat lainnya.

Ketua Sekretariat Bersama (Sekber) Keistimewaan DIY Widihasto Wasana Putra menyampaikan, wujud partisipasi dan spontanitas masyarakat DIY dalam menyemarakkan mangayubagya pelantikan Gubernur dan Wagub DIY ini dari sisi budaya difasilitasi dalam Gelar Budaya Rakyat melibatkan 10 penampilan kesenian dari masing-masing kabupaten kota se-DIY di Pagelaran Kraton Yogyakarta, Minggu (22/10/2017) pukul 19.00 WIB.

"Gelar Budaya rakyat ini akan menampilkan kolaborasi atau perpaduan antara seni pertunjukan tari, musik dan drama. Total melibatkan 200-300 penampil yang akan merepresentasikan kekhasan masing-masing daerah muasal seperti Tari Angguk dari Kulonprogo," ujar Widihasto.

Widihasto menambahkan, Gelar Budaya Rakyat ini juga akan ditampilkan di Alun-alun Sewandanan Kadipaten Pakualaman berupa Jatilan hingga pentas wayang kulit selama suntuk dengan dalang kondang asal Yogyakarta Ki Catur 'Benyek' Kuncoro pada Rabu (24/10/2017) pukul 15.00-04.00 WIB. Sebelumnya digelar pertunjukan seni di empat titik lokasi kabupaten yaitu Gunung Purba Nglanggeran Gunungkidul, Mangunan Bantul, Waduk Sermo Kulonprogo dan Pantai Depok Bantul pada Sabtu (21/10/2017).

"Doa Syukur Lintas Agama dilaksanakan di Kagungan Dalem Sasana Hinggil Dwi Abad Alun-alun Selatan Yogyakarta pada Selasa (24/10/2017) pukul 15.00-17.00 WIB," imbuhnya.

Sedangkan puncak rangkaian acara ditutup dengan Merti Desa dan Festival Gerobag Sapi di Candi Banyu Nibo Prambanan Sleman pada Minggu (29/10/2017) mulai pukul 08.00 WIB yang akan dihadiri Gubernur DIY Sri Sultan HB X. (Ria/Ira)

 

BERITA REKOMENDASI