Pemda DIY Belum Menetapkan Status Tanggap Darurat Bencana

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sejumlah wilayah di DIY seperti Bantul dan Gunungkidul terkena bencana banjir dan longsor, sebagai dampak dari adanya hujan dengan intensitas lebat yang terjadi, Minggu (17/03/2019). Dampak dari adanya banjir dan tanah longsor tersebut tidak hanya mengakibatkan kerusakan bangunan dan gedung sekolah, namun juga korban jiwa. Meski dampak yang diakibatkan oleh adanya bencana hidrometeorologi tergolong cukup parah, Pemda DIY belum menetapkan status tanggap darurat bencana.

"Kami terus melakukan koordinasi dengan kabupaten/kota maupun pihak-pihak terkait tentang penanganan banjir dan tanah longsor. Terus terang banjir dan tanah longsor khususnya yang terkait di Bantul dan sebagian Gunungkidul di luar prediksi kami. Meski kerusakan yang diakibatkan oleh banjir dan tanah longsor tersebut cukup parah, tapi Pemda DIY belum menetapkan status tanggap darurat. Walaupun tidak ada peningkatan status, Pemda DIY siap mensuport logistik dan peralatan yang dibutuhkan di lokasi bencana," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Gatot Saptadi.

Gatot mengungkapkan, peningkatan intensitas hujan diprediksikan masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan. Dalam menyikapi kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi dibutuhkan sikap kehati-hatian masyarakat terhadap kondisi di lingkungannya. Kewaspadaan itu dibutuhkan, dengan harapan saat bencana terjadi, masyarakat sudah mengetahui tindakan apa yang perlu dilakukan untuk menyelamatkan diri.

"Ngarsa Dalem sempat memerintahkan agar bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di sejumlah daerah di DIY ditanggani secara cepat dan baik. Adapun untuk masalah dana saya kira tidak ada masalah, karena masih bisa ditangani baik dengan dana kebencanaan yang ada di kabupaten/kota maupun Pemda DIY," ujar Gatot.

Komentar senada diungkapkan oleh Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam X. Menurut Paku Alam X, dalam menyikapi bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi,Pemda DIY mengimbau masyarakat DIY tetap tenang. Selain itu, instansi-instansi terkait juga sudah menjalankan tugasnya masingmasing dengan sebaikbaiknya. Termasuk untuk masalah logistik dan peralatan yang dibutuhkan oleh masyarakat di lokasi bencana sudah mulai disalurkan.

"Saya ingin menyampaikan, apapun bencana yang terjadi kekompakan dan kebersamaan warga tetap yang paling penting. Jadi masyarakat tetap saya minta waspada terhadap cuaca ekstrem yang diprediksikan masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan. Jaga lingkungan sekitar sehingga antisipasi yang dilakukan bisa maksimal," ungkap Wagub DIY. (Ria)

BERITA REKOMENDASI