Pemda DIY Jaga Stabilitas Harga dan Distribusi Selama PPKM Darurat

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRjogja.com – Pemda DIY memastikan ketersediaan komoditas bahan pangan pokok guna memenuhi kebutuhan masyarakat selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di DIY sejak 3 hingga 20 Juli 2021. Selain itu, Pemda DIY sekaligus berupaya menjaga stabilitas harga dan memastikan kelancaran distribusi bahan pangan tersebut, khususnya perdagangan komoditi bahan pangan antar daerah.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan Pemda DIY melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait bidang pertanian dan perdagangan telah memastikan pemenuhan ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga hingga kelancaran distribusi bahan pangan, terutama bahan pangan pokok atau bapok. Upaya tersebut sesuai dengan dengan Instruksi Gubernur (Ingub) DIY No.17 Tahun 2021 yang ditindaklanjuti oleh Instruksi Walikota/Instruksi Bupati se-DIY.

“Kami telah meminta bidang pertanian dan perdagangan melakukan pengawasan secara intensif khususnya menjaga stabilitas harga dan kelancaran distribusi komoditi bapok selama PPKM Darurat. Jangan sampai ada gangguan supaya tidak menimbulkan kelangkaan hingga punic buying masyarakat,” tandasnya di Komplek Kepatihan, Rabu (7/7).

Baskara Aji menyampaikan sesuai Ingub tersebut, supermarket, pasar tradisional dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi jam operasionalnya sampai pukul 20.00 WIB. Selain itu, kapasitas pengunjung hanya diperbolehkan maksimal 50 persen baik di pasar, supermarket dan swalayan supaya tidak menimbulkan kerumunan.

“Pasar, toko, swalayan dan supermarket masih diperbolehkan untuk dibuka guna melayani kebutuhan masyarakat selama PPKM Darurat. Hanya jam operasional dan kapasitasnya diatur hanya sampai pukul 20.00 WIB dan daya tampung hanya 50 persen dari kapasitas,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI