Pemda DIY Matangkan Formulasi Uji Coba Semi Pedesterian Malioboro

Editor: Ivan Aditya

“Yang utama bagi Dishub adalah penyediaan kantong parkir yang permanen di kawasan Malioboro yang merupakan bagian dari sumbu filosofi. Kita perlu mencari potensi kantong parkir lain di luar untuk memadai kebutuhan kantong parkir jika kawasan semi pedestrian Malioboro diberlakukan. Kita ingin mengatur mobilisasi di kawasan Malioboro dengan nyaman sehingga perlu dipikirkan fasilitas tempat parkir yang memadai,” jelas Made.

Asekda Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY Tri Saktiyana mengatakan sudah banyak pemikiran yang disampaikan perihal penataan kawasan semi pedestrian Malioboro selama ini. Bahkan sudah diujicobakan sebelumnya tetapi belum ketemu formula yang pas dan masih banyak menerjunkan banyak petugas untuk mengatur lalu lintas.

“Jika kita ingin menerapkan semi pedestrian di Malioboro maka harus ditemukan dulu formulanya dan meminimalisir pengerahan petugasnya harus dibatasi sekali supaya bisa berjalan jangka panjang. Selain itu, perlu perbaikan kebiasaan masyarakat sendiri untuk berjalan kaki, penambahan kantong parkir permanen, penataan sirip-sirip, penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) dan lainnya. Kami ingin semi pedestrian Malioboro bisa diterapkan 2021 mendatang tentunya dengan tetap akan ada perubahan-perubahan rekayasa bukan uji coba lagi,” ungkap Tri Saktiyana.

Terpisah ketika dimintai komentar soal hal itu, Peneliti di Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) UGM, Dr Arif Wismadi menjelaskan,‎ perluasan dan peningkatan intensitas semi-pedestrian menunjukkan komitmen Yogya untuk semakin mendudukan ruang kota sebagai ekspresi keistimewaan. Khususnya ketika hal tersebut dapat memperkuat experience untuk menjelajah menikmati bangunan heritage dan atraksi budaya.

“Perluasan semi pedestrian tentunya harus diujicobakan untuk memaksimalkan manfaat bagi seluruh pemangku kepentingan. Agar membantu pengambilan keputusan atau kesepakatan, maka ujicoba harus dilakukan secara sistematis, yaitu dengan membandingkan kondisi saat ini, dan saat penerapan semi pedestrian,” terang Arif.

BERITA REKOMENDASI