Pemda DIY Optimis Pertumbuhan Ekonomi Triwulan III 20201

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – Pemda DIY optimis perekonomian DIY tetap mengalami pertumbuhan pada triwulan III 2021 nantinya. Optimisme tersebut didukung membaiknya konsumsi rumah tangga atau belanja masyarakat, belanja pemerintah yang tinggi, sektor pertanian dan ekspor mengalami peningkatan pada triwulan III tahun ini.

Asekda Perekonomian dan Pembangunan DIY Setda DIY Tri Saktiyana mengatakan Bank Indonesia (BI) memproyeksikan perekonomian DIY pada triwulan III 2021 tumbuh melambat pada kisaran 1,5 – 3 persen (yoy). Meskipun risiko pada triwulan ini sangat tinggi, hingga untuk mengatasi pandemi pemerintah memberlakukan PPKM darurat dan PPKM level 4, namun masih terdapat potensi ekonomi DIY dapat tumbuh pada kisaran tersebut.

“Pertama, kita akan menggenjot belanja masyarakat di DIY. Kita tahu di masa pandemi yang sulit ini, masyarakat memang mengerem pengeluarannya. Namun, kita tetap mendorong dan menghimbau agar masyarakat kelas bawah seiring pencairan bantuan sosial (bansos) dan masyarakat kelas menengah ke atas meningkatkan konsumsinya,” paparnya di Bangsal Kepatihan, Senin (23/8).

Saktiyana menyatakan hal ini seiring dengan konsumsi dan ekspektasi konsumen akan semakin membaik, apabila pembatasan pergerakan masyarakat dilonggarkan. Dalam hal ini, maka akan menjadi potensi yang sangat besar meningkatkan daya beli masyarakat karena sekitar 67 persen ekonomi DIY digerakkan dari sektor konsumsi. Aktivitas perdagangan seperti pedagang kaki lima, pedagang pasar dan sebagainya mulai bergerak, artinya muncul harapan dan optimisme bangkit seiring perlonggaran gradual guna menuju pemulihan ekonomi.

“Daya beli masyarakat khususnya konsumen rumah tangga di DIY pada 2021 ini mengalami peningkatan setidaknya 30 persen alias lebih baik dibandingkan konsumsi masyarakat pada 2020 lalu. Meskipun mengalami peningkatan, tetapi daya beli masyarakat tahun ini belum pulih seperti 2019 lalu,” tandasnya.

Selain belanja pemerintah, Saktiyana menyampaikan pertumbuhan ekonomi DIY pada triwulan III 2021 akan ditopang belanja pemerintah yang biasanya tinggi. Secara siklus ekonomi, biasanya perekonomian pada triwulan III tumbuh (qtq) tertinggi di sepanjang tahun. Dengan demikian, harapan perekonomian DIY tetap tumbuh masih ada meskipun akan mengalami perlambatan.

BERITA REKOMENDASI