Pemda DIY Siaga Merebaknya Virus Corona

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY menyatakan kesiapsiagaan mengantisipasi merebaknya virus Corona. Dua pintu masuk utama internasional yakni Adisutjipto dan YIA diawasi ketat termasuk mempersiapkan rumah sakit rujukan apabila ada indikasi suspect terhadap virus tersebut. 

Biwara Yuswantana, Kepala Pelaksana BPBD DIY mengungkap pemda telah melakukan rapat koordinasi untuk memastikan kesiapsiagaan mengantisipasi Corona. Stakeholder terkait mulai Dinas Kesehatan, Angkasapura, KKP hingga rumah sakit dilibatkan untuk mengantisipasi penyebaran khususnya di wilayah DIY. 

BACA JUGA :

Masukan NU ke Pemerintah, Warga China Tak Diberi Ijin Masuk Sementara

Virus Corona Sudah Masuk Indonesia, DIY Butuh Antisipasi

“Saat ini kita lakukan kesiapsiagaan Coronavirus. DIY ada dua bandara internasional yakni YIA dan Adisutjipto, keduanya sudah siap melakukan tugas sebagai pintu masuk utama pengunjung dari luar negeri. Semua sudah pasang termal scan di YIA dan Adisutjipto. RS rujukan bila ada dugaan kasus juga sudah disiapkan yakni RSUP Dr Sardjito dan RS Panembahan Senopati Bantul,” ungkapnya. 

Meski menyatakan kesiapsiagaan, Biwara memastikan sampai saat ini belum ada suspect kasus Corona di wilayah DIY. “Intinya sampai saat ini tidak ada, belum ditemukan penderita pneumonia akibat Novel Coronavirus di Yogyakarta,” tegas dia. 

Sementara Andaru Dahesihdewi, perwakilan RSUP Dr Sardjito mengungkap pihaknya sudah mempersiapkan ruang isolasi jika memang ada indikasi pasien mengalami pneumonia akibay Virus Corona. Ia berharap masyarakat tak panik dan melakukan pencegahan dengan menerapkan pola hidup sehat. 

“Rumah sakit rujukan sudah dipersiapkan dengan baik dan akan ada ruangan khusus. Jumlahnya memadahi dan sudah rutin disiapkan. Penanggulangan dapat dilakukan dengan perilaku hidup sehat dan perkuat daya tahan tubuh. Kita bisa mempekuat imun untuk mengalahkan virus itu,” tandas dia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI