Pemda DIY Siapkan Berbagai Upaya Preventif dan Selesaikan Vaksinasi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY berupaya melakukan tindakan preventif guna mencegah kenaikan kasus Covid-19 di DIY jelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2021 (Nataru). Seiring berbagai upaya preventif yang disiapkan, Pemda DIY pun terus mempercepat dan menyelesaikan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap baik dosis 1 maupun dosis 2 jelang penghujung tahun ini.

“Kami akan melakukan tindakan preventif untuk mencegah kenaikan kasus jelang libur Nataru. Kami lebih baik melakukan pengetatan di bulan-bulan ini sembari melaksanakan vaksinasi dosis 1 dan 2. Dengan harapan tidak ada peningkatan kasus Covid-19 baik sebelum maupun sesudah Nataru sehingga berjalan dengan baik,” tutur Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X dalam Rakor Penanganan Covid-19 secara virtual, Selasa (16/11/2021).

Sultan HB X menyatakan Pemda DIY telah berkoordinasi dan sepakat dengan Pemkab/Pemkot se-DIY terkait berbagai upaya preventif yang akan diterapkan menghadapi momentum Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) tersebut. Salah satunya pengaturan busa-bus pariwisata yang masuk ke wilayah DIY yang sudah marak dan menjadi sorotan sejak PPKM di DIY menjadi level 2.

“Saya telah menyepakati dengan Kabupaten/Kota, bus-bus yang masuk harus diperiksa semuanya. Jika ada yang belum divaksin baik penumpang maupun awak bus, maka bus itu harus kembali. Kami menghindari secara ketat akan kenaikan-kenaikan kasus Covid-19 dari sektor pariwisata,” tandasnya.

Raja Kraton Yogyakarta tersebut mengungkapkan sempat terjadi peningkatan kasus positif Covid-19 akhir-akhir ini, tetapi pihaknya telah mengatasi dengan cepat sebelum terjadi penularan kasus lebih luas. “Jadi sekali lagi saya tekankan yang penting itu pengetatan di bulan-bulan ini sehingga Nataru tidak ada kejutan. Skema ini secara konsisten dilakukan bersama Kabupaten/Kota supaya berhasil bisa mencegah kenaikan kasus,” imbuh Sultan.

Adapun capaian persentase besaran sasaran vaksinasi DIY sebesar 2.818.230 orang yaitu dosis 1 mencapai 95,15 persen, dosis kedua 81,29 persen dan dosis tiga nakes 107,76 persen per 16 November 2021. DIY juga tengah menunggu arahan dari pusat untuk dapat melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia di bawah 12 tahun atau usia 11 hingga 6 tahun. (Ira)

BERITA REKOMENDASI