Pemda DIY Terima Dana Hibah Rp 65,12 M

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Penandatanganan perjanjian hibah daerah untuk hibah dalam rangka bantuan pendanaan rehabilitasi dan rekonstruksi (siklon cempaka) tahun anggaran 2018 antara Pemerintah Pusat dan Pemda DIY dilakukan di kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta. Dalam kesempatan itu, Pemerintah Pusat diwakili Direktur Pembiayaan dan Transfer Nondana Perimbangan atas nama Menteri Keuangan RI Ubaidi Sochen Hamidi (pemberi hibah) dan Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Ir Gatot Saptadi (penerima hibah).

”Pemda DIY mendapatkan hibah dana sebesar Rp 65.128.307.500. Pelaksanaan kegiatan oleh Pemda DIY dari dana hibah ini akan diselesaikan selama 12 bulan terhitung sejak dana tersebut masuk ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD),” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Biwara Yuswantana di Yogyakarta.

Menurut Biwara, dana hibah seperti tersebut di atas, didasarkan pada Surat Penetapan Pemberian Hibah (SPPH) nomor S-497/- MK.7/2018 tanggal 2 November 2018 perihal Penetapan Pemberian Hibah Daerah untuk Program Hibah Bantuan Pendanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana TA 2018. Adapun pengelolaan Dana Hibah itu akan dilakukan sesuai ketentuan dan persyaratan dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 224/PMK.07//2017.

Tentang Pengelolaan Hibah dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah dan sesuai Peraturan Kepala BNPB nomor 4 Tahun 2015. Tentang Hibah dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah dalam rangka Bantuan Pendanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana. (Ria)

BERITA REKOMENDASI