Pemda Fokus Pemulihan Ekonomi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY tengah berkonsentrasi melakukan pemulihan atau recovery kesehatan dan pemulihan ekonomi guna mengerem atau mengurangi laju kontraksi pertumbuhan ekonomi di DIY yang sudah mulai minus akibat dampak pandemi Covid-19. Skema pemulihan ekonomi di DIY difokuskan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Koperasi baik berupa restrukturisasi, pemberian subsidi hingga insentif dengan intervensi dari perbankan.

“Kami akan lebih konsentrasi pada kesehatan dan pemulihan ekonomi. Kami telah siapkan beberapa skema supaya bisa meredam laju kontraksi pertumbuhan ekonomi di DIY yang sudah mulai minus,” kata Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji.

Dijelaskan, skema pemulihan ekonomi di DIY tersebut antara lain pemberian insentif bagi pelaku UMKM dan Koperasi maupun Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan intervensi perbankan. Pemda DIY sendiri tengah fokus mengusulkan kepada Kementerian Koperasi dan UKM (KUKM) terkait pelaku usaha yang belum bankable di DIY.

“Kita akan berikan bantuan kepada mereka, sekarang baru proses pendataan. Dengan persyaratan selain mempunyai usaha tetapi belum bankable, persyaratan lain adalah tidak punya tabungan lebih dari Rp 2 juta,” tegasnya. (Ira)

BERITA REKOMENDASI