Pemda Kebut Drainase TPST Piyungan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Warga di sekitar TPST Piyungan menutup akses jalan masuk bagi truk pengangkut sampah. Alhasil, terjadi penumpukan sampah di Kota Yogyakarta, Sleman dan Bantul hingga Selasa (22/12/2020) hari ini.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji menyebut saat ini tim dari Dinas PUP ESDM DIY dan Kartamantul sedang mengebut pengerjaan saluran drainase di Piyungan. Hal tersebut agar keluhan masyarakat atas air rembesan sampah berbau yang muncul ketika hujan bisa teratasi.

“Sekarang ini teman-teman baru lembur membuat saluran drainase air hujan. Sudah mulai dilaksanakan, kalau selesai salurannya bisa langsung masuk (truk),” ungkap Baskara Aji, Selasa (22/12/2020).

Pemda menurut Baskara Aji tidak menargetkan kapan saluran permintaan warga sekitar tersebut usai. Namun, secepatnya pengerjaan dilakukan agar tumpukan sampah yang kini mulai menggunung dan menimbulkan masalah bisa teratasi.

“Pokoknya begitu selesai langsung masuk, lampu hijau langsung jalan (truk pengangkut sampah). Harapannya saat Natal dan Tahun Baru, sudah tidak ada sampah menumpuk lagi,” tandas Aji.

Sementara saat ini Pemda DIY masih fokus memaksimalkan kinerja TPST Piyungan. Pemda menurut Baskara Aji masih memiliki lahan 2,5 hektare yang berada di sisi utara Piyungan saat ini.

“Lahan itu yang akan kita maksimalkan. Riilnya sekarang kita di TPST Piyungan. Masih ada sekitar 2,5 hektar di sisi sebelah lor (utara) itu,” pungkas Aji. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI