Pemda Tunggu Permintaan IPL Pembangunan Jalan Tol

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY tengah menunggu permintaan resmi Izin Penetapan Lokasi (IPL) atau Penetapan Lokasi (Penlok) pembangunan jalan tol yang melewati DIY, dari pihak pemrakarsa proyek. IPL pembangunan jalan tol Bawen-Yogyakarta dan Yogyakarta-Solo tersebut akan dikeluarkan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Sekda DIY Gatot Saptadi mengaku, yang baru diterima dan masuk ke Pemda DIY adalah persiapan permohonan Penlok pembangunan jalan tol yang melintasi DIY yaitu BawenYogya-Solo. Permohonan penlok tersebut sudah ada titik-titik trase yang dilalui termasuk luasan lahan yang harus dibebaskan dan sebagainya.

Baca juga :

Jalan Tol Diperbanyak, Tapi Merek Lokal di Rest Area Minim
Jalan Tol Semarang-Demak Bakal Dibangun di Atas Tanggul Laut

"Tugas kita untuk mempersiapan Penlok tol yang melewati DIY itu, karena kita hanya bertugas mengeluarkan izin, Gubernur DIY yang akan mengeluarkan IPL tersebut. Sedangkan lelang urusan pemerintah pusat, termasuk perencanaan, pembebasan lahan hingga pembangunan jalan tolnya," kata Gatot.

Gatot mengatakan, total lahan yang dibebaskan untuk pembangunan tol tersebut baik yang berada di Jawa Tengah dan DIY, lebih dari 40 hektare. Sedangkan luasan lahan yang harus dibebaskan di DIY relatif kecil karena jalan tol tersebut akan dibikin di atas dan memanfaatkan Selokan Mataram. (Ira)

BERITA REKOMENDASI