Pemilihan Dimas Diajeng Kota Yogyakarta Siap Digelar Sesuai Prokes

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 30 finalis Dimas Diajeng Kota Yogyakarta 2021 siap berkompetisi pada malam final yang akan diselenggarakan di Hotel Inna Garuda Yogyakarta, Sabtu (12/06/2021). Even ini digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dan disiplin.

Sebelumnya para finalis telah mengikuti tahapan yang panjang dan ketat mulai dari pendaftaran online, seleksi berkas, wawancara tahap pertama secara online, psikotes, wawancara tahap dua secara offline, unjuk bakat berkolaborasi dengan seniman Yogya, karantina dan yang terakhir malam final.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyudi pada sambutan pembekalan finalis yang dibacakan Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko berharap pemilihan Dimas Diajeng dapat menginspirasi dan mempertahankan image baik Kota Yogyakarta dengan tidak meninggalkan budaya yang ada. Diharapkan akan memunculkan pemuda-pemudi Kota Yogyakarta yang akan menjadi Duta Pariwisata dan juga Duta Budaya Kota Yogyakarta.

“Generasi muda yang penuh semangat dan dapat menginspirasi lingkungan di sekitarnya yang nantinya akan turut mengemban tanggung jawab besar untuk mempertahankan Kota Yogyakarta sebagai Kota Pariwisata. Tentu saja dengan tidak meninggalkan nilai-nilai budaya leluhur yang sudah ada. ektor pariwisata sendiri memainkan peran penting bagi pembangunan di Kota Yogyakarta,” imbuhnya.

Selain itu, dengan mengikuti pemilihan Dimas Diajeng Kota Yogyakarta maka dapat menjadi kesempatan untuk berperan aktif dalam mempromosikan, membangun dan mengembangkan pariwisata khususnya di kota ini. Di sisi lain diharapkan Dimas Diajeng menjadi sosok kebanggaan, role model, juga panutan kawula muda Kota Yogyakarta.

“Karena Dimas Diajeng adalah perwujudan luasnya wawasan dan kecintaan terhadap budaya masyarakat kita. Dimas Diajeng sudah sewajarnya mengetahui dan menguasai seluk-beluk Kota Yogyakarta sehingga dapat bercerita tiap point menariknya dalam kaca mata dunia,” paparnya.

Di sisi lain, pandemi Covid-19 yang menghantam seluruh sektor perekonomian terutama pariwisata diharapkan dapat dihadapi oleh Dimas Diajeng dalam mempromosikan pariwisata di Yogyakarta. Oleh sebab itu dibutuhkan kepribadian yang kuat dan wawasan yang luas.

“Dimas Diajeng kiranya juga mengemban tugas dan amanah yang semakin berat. Kepribadian yang kuat tidaklah cukup untuk menjawab tantangan kontemporer pariwisata Yogyakarta, kita juga membutuhkan sosok generasi muda yang paham tata krama dan subasita, punya visi global, komunikatif dan atraktif, serta memiliki jembaring kaweruh. Diharapkan mampu menjadi perekat seluruh stakeholder pariwisata dalam membangun citra positif Kota Yogyakarta,” paparnya.

Sementara itu, Wahyu Hendratmoko juga berharap Dimas Diajeng dapat mendongkrak pemulihan pariwisata di Yogyakarta pada masa pandemi Covid-19, terlebih generasi muda saat ini sangat melek teknologi informasi. “Keberadaan teman-teman yang sudah terpilih menjadi kekuatan tersendiri bagi promosi pariwisata Yogyakarta. Mereka amat sangat melek pada sosmed (sosial media), kami mohon biar promosi pariwisata positif kota yogyakarta,” ujarnya pada jumpa pers di Hotel Tara Yogyakarta, Rabu (09/06/2021).

Dia juga menyatakan puncak Pemilihan Dimas Diajeng Kota Jogja 2021 pada masa pandemi Covid-19 digelar secara hybrid atau bauran antara daring dan luring. Sementara keluarga finalis maupun masyarakat dapat memberikan dukungan secara onlime melalui kanal Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. “Tamu yang hadir pada saat luring atau offline akan sangat terbatas dengan menerapkan protokol yang sangat ketat,” imbuhnya.

Adapun kriteria juara yang diberikan yaitu Dimas dan Diajeng Terpilih Kota Yogyakarta 2021, Wakil I Dimas dan Diajeng Kota Yogyakarta, Wakil II Dimas dan Diajeng Kota Yogyakarta, Harapan I Dimas dan Diajeng Kota Yogyakarta, Harapan II Dimas dan Diajeng Kota Yogyakarta. Selain itu juga dipilih Juara Atribut Persahabatan Dimas dan Diajeng Kota Yogyakarta, Atribut Berbakat Dimas dan Diajeng Kota Yogyakarta, Atribut Favorit Dimas dan Diajeng Kota Yogyakarta. (R-1)

BERITA REKOMENDASI