Pemkot Alokasikan 12 Jenis Pelatihan Kerja

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemkot Yogya pada tahun ini mengalokasikan 12 jenis pelatihan kerja bagi masyarakat. Program tersebut di samping menambah kecapakan penduduk usia produktif, juga untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi akibat pandemi.

Kepala Bidang Pengembangan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Yogya Erna Nur Setyaningsih, menjelaskan pelatihan yang terbagi dalam 12 jenis keterampilan tersebut ditargetkan dapat diikuti 260 orang peserta. “Selain itu masih ada program magang untuk 50 orang peserta,” jelasnya, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, kebutuhan akan tenaga kerja yang terampil, produktif dan sesuai standar kompetensi industri atau perusahaan semakin meningkat. Terlebih adanya perkembangan teknologi industri yang pesat dan berdampak pada kesenjangan antara kebutuhan tenaga kerja dan kompetensi yang dimiliki tenaga kerja.

Oleh karena itu dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga kerja perlu diberikan pelatihan dan pemagangan bagi calon tenaga kerja yang ada di Kota Yogya. Erna juga menjelaskan tujuan dari pelatihan tersebut adalah memberikan bekal keterampilan bagi pencari kerja masyarakat Kota Yogya. Sehingga mempunyai keterampilan untuk bekal bekerja dan atau berwirausaha.

Terkait peningkatan kualitas atau kompetensi tenaga kerja juga diperlukan peran serta swasta yakni Lembaga Pelatihan Kerja (LPK). Melalui LPK yang memiliki instruktur dengan kompetensi mumpuni maka para tenaga kerja dilatih dan ditingkatkan kompetensinya agar memenuhi syarat mutu tenaga kerja.

“Kami juga memiliki program kegiatan pembinaan LPK agar LPK di Kota Yogya memiliki dan memenuhi standar kompetensi yang dibutuhkan sebagai penyelenggara pelatihan,” jelas Erna.

BERITA REKOMENDASI