Pemkot Siapkan Revisi Regulasi Moda Transportasi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemkot Yogya kini tengah menyiapkan revisi regulasi terkait moda transportasi. Perda 5/2001 tentang Perizinan Angkutan dinilai sudah tidak sesuai kondisi terkini serta belum mewadahi perkembangan moda transportasi.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Yogya Golkari Made Yulianto, mengungkapkan langkah awal untuk merevisi perda tersebut ialah dengan melakukan kajian naskah akademik. "Saat ini perkembangan penyelenggaraan angkutan sudah begitu cepat, baik dari sisi perizinan maupun moda transportasi. Sehingga aturan yang ada perlu ada penyesuaian," jelasnya.

Baca juga :

Tekad Surip Manunggal Bersama TNI
Disdikpora DIY Gelar Peringatan Hari Olah Raga Nasional

Menurutnya, Dinas Perhubungan selama ini berwenang menerbitkan izin untuk sejumlah moda transportasi, di antaranya kendaraan tidak bermotor seperti andong dan becak serta menerbitkan izin usaha angkutan yang berdomisili di Kota Yogya. Keberadaan sistem perizinan melalui online single submission (OSS) juga mempengaruhi proses pengajuan izin moda angkutan, baik angkutan orang maupun barang.

Kepala Seksi Angkutan Dinas Perhubungan Kota Yogya Dani Istiarto, menambahkan melalui penyusunan naskah akademik, perkembangan berbagai jenis moda transportasi akan diwadahi. Beberapa di antaranya trem hingga kereta perkotaan serta becak dengan tenaga penggerak alternatif. Keberadaan sistem angkutan secara daring juga akan ikut menjadi bahan kajian dalam penyusunan naskah akademik.

"Apalagi sekarang sudah ada andong online selain angkutan taksi online serta sepeda motor online. Tentunya, perkembangan moda transportasi ini akan masuk dalam pembahasan," jelasnya.

Penyusunan naskah akademik tentang moda angkutan tersebut ditargetkan selesai akhir tahun. Selanjutnya akan diusulkan ke DPRD Kota Yogya agar masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda). Hanya, kepastian pembahasan revisi perda tersebut akan sangat tergantung dari keputusan di DPRD Kota Yogya. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI