Pemkot Yogya Bakar 12 Ribu E-KTP, Ini Sebabnya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta Jumat (21/12/2018) pagi memusnahkan 12.232 keping E-KTP invalid atau rusak. KTP-KTP tersebut dibakar kedalam drum bekas di hadapan saksi dan para wartawan di halaman Balaikota Yogyakarta. 

Kepala Disdukcapil Kota Yogyakarta Sisruwadi mengatakan pemusnahan tersebut berdasar Surat Edaran Kemendagri nomor 430.13/11176. Menurut dia, dinas diminta memusnahkan KTP tersebut agar tak disalahgunakan pihak tak bertanggungjawab. 

“Kami diperintahkan mendagri untuk membakar invalid dan rusak agar tidak disalahgunakan pihak tak bertanggungjawab. Berbagai macam jenis invalidnya mulai perubahan data, meninggal dunia hingga pindah lokasi bermukim,” terangnya. 

Disdukcapil menurut Sisruwadi kali ini membakar KTP yang diterbitkan tahun 2012-2013 dengan jumlah 12.232 keping. “Untuk tahun berikutnya 2014 dan seterusnya yang tidak lagi berlaku langsung kita potong dan secara periodik kita musnahkan dengan dibakar. Kita sesuaikan jumlahnya misal sebulan sekali kita lakukan setelah ada berita acara agar bisa dipertanggungjawabkan,” sambungnya. 

Pemusnahan E-KTP invalid tersebut saat ini memang serentak dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Pemerintah tak ingin kecolongan identitas warganya dimanfaatkan untuk hal tak bertanggungjawab yang merugikan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI