Pemkot Yogya, BI dan BPD DIY Teken MoU

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY dan Bank BPD DIY bersepakat untuk melaksanakan kerja sama dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan program-program digitalisasi daerah (DD). Kerjasama tersebut mencakup elektronifikasi transaksi pemerintah daerah (ETP) dan digitalisasi ekonomi dan keuangan di wilayah Kota Yogyakarta.

Kerjasama tersebut dituangkan dalam penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) terkait elektronifikasi transaksi pemerintah dan digitalisasi daerah di Hotel Harper Mangkubumi, Selasa (22/09/2020). Penandatangan nota kesepahaman tersebut dilakukan oleh Kepala Perwakilan BI DIY Hilman Tisnawan, Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan Direktur Utama Bank BPD DIY Santoso Rohmad.

“Nilai Capaian implementasi elektronifikasi Yogyakarta memiliki poin sebesar 3,52 poin maksimal 5 telah mencapai tahap 3 atau tahap ekspansi. Kami berharap dapat melakukan akselerasi elektronifikasi transaksi pendapatan seperti retribusi dan pajak menggunakan channel pembayaran non tunai seperti Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS),” papar Kepala Perwakilan BI DIY Hilman Tisnawan.

Salah satu bentuk konkret dari kerja sama penandatanganan MoU ini adalah dengan menyelenggarakan focus group discussion (FGD) bertema Sinergi Pengembangan, Inovasi dan Percepatan Program Digitalisasi Daerah guna menyamakan persepsi terkait digitalisasi daerah ke seluruh dinas pengumpul pendapatan. Selain itu, dilakukan peluncuran program Smart Traditional Market (SEMAR) hasil kolaborasi dengan Beringharjo.co.id dan Pemkot Yogyakarta. (Ira)

BERITA REKOMENDASI