Pemkot Yogya Gencarkan Uji Swab

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemkot Yogya kini mulai menggencarkan uji swab. Tahap awal diprioritaskan bagi seluruh tenaga di puskesmas yang merupakan potensi pertama terkena paparan virus. Uji swab yang digencarkannya sudah dimulai sejak Senin (06/07/2020) lalu.

“Sudah sekitar 500 orang di tingkat puskesmas. Tidak hanya bagi tenaga medis di sana tetapi juga karyawan di front office hingga juru parkir. Mereka ini adalah potensi pertama karena sebelum dirujuk ke rumah sakit, dibawa ke puskesmas dulu,” terang Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Yogya, Tri Mardaya.

Total seluruh tenaga yang ada di puskesmas Kota Yogya mencapai sekitar 1.000 orang lebih. Hasil uji swab juga jauh lebih optimal dibanding rapid test, sehingga jika ada temuan positif maka bisa dikendalikan lebih cepat agar tidak semakin berkembang.

Tri Mardaya, menjelaskan Kota Yogya sejauh ini dinilai cukup sigap dalam mengendalikan kasus Covid-19. Hal itu terbukti dengan jumlah kasus yang tidak meluas, seperti pada klaster Indogrosir maupun pedagang ikan. Selain itu mayoritas kasus Covid-19 akibat riwayat perjalanan luar daerah penularannya tidak sampai menggurita.

BERITA REKOMENDASI