Pemkot Yogyakarta Optimis 17 Agustus ‘Herd Immunity’ Terwujud

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemkot Yogya optimis maksimal pada 17 Agustus 2021 mendatang herd immunity atau kekebalan komunitas di Kota Yogya mampu terwujud. Terutama jika sedikitnya 70 persen penduduk Kota Yogya sudah berhasil tervaksin.

Walikota Yogya yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogya Haryadi Suyuti, mengungkapkan upaya percepatan vaksinasi terus ia gencarkan. “Dalam sehari target kita sedikitnya 2.000 orang warga bisa disuntik vaksin. Sehingga ketika dalam seminggu ada 14.000 warga yang divaksin maka setidaknya pada 17 Agustus 2021 nanti sudah bisa terbentuk herd immunity dan sebaran virus bisa ditekan,” tandasnya.

Diakuinya, percepatan vaksinasi tidak bisa hanya dibebankan kepada pemerintah melainkan perlu keterlibatan berbagai pihak. Hal ini karena fasilitas layanan kesehatan milik pemerintah terbatas serta tenaga kesehatan atau vaksinator juga terbatas. Oleh karena itu pihaknya membuka diri bagi keterlibatan pihak lain, baik dalam menyediakan lokasi yang representatif maupun tenaga kesehatan profesional.

Haryadi menambahkan, Kota Yogya sebenarnya sudah menyuntikkan hingga hampir 300.000 dosis vaksin. Akan tetapi penduduk Kota Yogya yang tervaksin hanya sekitar separuhnya. Sisanya merupakan warga luar daerah yang memiliki aktivitas sehari-hari di Kota Yogya.

“Semuanya berhak untuk divaksin karena tujuannya ialah melindungi diri sendiri, keluarga dan orang lain. Makanya saya selalu tekankan, ayo semuanya semangat untuk divaksin,” imbuhnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogya Emma Rahmi Aryani, menambahkan penduduk Kota Yogya saat ini bisa mendaftar vaksin dengan cukup mudah melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS). Tidak perlu lagi harus mendaftar melalui laman pedulilindungi.id melainkan cukup melalui akun JSS.

“Bahkan tidak hanya mendaftarkan diri sendiri, melalui akun JSS juga bisa mendaftarkan orang lain. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan secara luas oleh penduduk Kota Yogya karena bisa bebas memilih lokasi vaksinasi,” urainya.

Terkait vaksinasi di sekolah, hampir semua SMP negeri di Kota Yogya sudah siap menjadi tuan rumah. Beberapa sekolah swasta pun sudah mengajukan diri. Sehingga bagi sekolah yang lokasinya berdekatan, bisa turut bergabung guna memudahkan tenaga medis.

Selain SMPN 8 Kota Yogya, beberapa sekolah yang sudah siap antara lain SMPN 5, SMPN 6, SMPN 9, SMPN 15, dan SMPN 16 Kota Yogya. Sedangkan sekolah swasta di antaranya SMP Muhammadiyah 2, SMP Abu Bakar dan SMPStella Duce. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI