Pemuda Muhammadiyah Buat 100 Warung Digital di DIY

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemuda Muhammadiyah merintis warung digital bernama WarungMu yang untuk kali pertama diresmikan langsung Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di depan Pasar Kotagede, Sabtu (08/08/2020) siang. Ditargetkan muncul 100 warung di seluruh DIY di sisa tahun 2020 ini sebagai upaya memerdekakan ekonomi masyarakat.

Sunanto, Ketua PP Pemuda Muhammadiyah mengatakan saat ini jejaring WarungMu sudah mulai dibangun di seluruh Indonesia dengan total target rintisan mencapai 4000. Di DIY, Pemuda Muhammadiyah menargetkan berdiri 100 warung yang dikelola secara profesional oleh anggotanya.

“Hari ini kami meresmikan satu warung dan harapannya akan terus berkembang dengan target sekitar 100 di DIY. Untuk nasional target kami bisa sampai 4000 dan sekarang yang masuk datanya sudah ada sekitar 400,” ungkapnya pada wartawan.

Secara khusus, peresmian perdana WarungMu dilakukan oleh Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Sunanto mengharapkan WarungMu bisa membangkitkan ekonomi masyarakat serta memerdekakan perekonomian.

“Warung ini menerapkan prinsip digital seperti waralaba yang sudah ada selama ini. Hanya kami menjaring masyarakat lebih luas dan dengan modal yang tidak terlalu besar,” sambungnya.

Sementara Airlangga Hartarto menyampaikan apresiasi pada Pemuda Muhammadiyah yang bergerak optimis di tengah pandemi Covid. Pemerintah menurut Airlangga berupaya membantu dengan memberi keringanan pembiayaan modal usaha pada masyarakat.

“Kios WargaMu ini harapannya bisa mengakselerasi perekonomian. Momentum paska Covid kita perlu siapkan agar Indonesia aman dan produktif agar jadi salah satu yang pertama keluar dari pandemi Covid. Pemerintah memberikan subsidi bunga KUR sampai 6 persen. jadi pemilik warung ini tidak akan membayar sampai tahun depan, harapannya bisa membantu mereka bergerak maju,” tandas Airlangga. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI