Penambahan Positif Corona di DIY Berasal dari Klaster Pedagang Ikan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Klaster pedagang ikan di Gunungkidul yang tertular Covid-19 kembali bertambah, Selasa (09/06/2020). Setelah sebelumnya enam orang, seorang perempuan (34) kembali mendapat hasil swab positif hari ini.

Juru bicara gugus penanganan Covid-19 DIY, Berty Murtiningsih mengatakan hari ini terkonfirmasi dua kasus positif dari hasil uji swab laboratorium di DIY. Selain perempuan warga Gunungkidul dari klaster pedagang ikan, ditemukan hasil positif pada laki-laki (39) warga Bantul dengan riwayat perjalanan dari Jakarta.

“Dua pasien positif teregistrasi dalam nomor 250 dan 251 kasus DIY. Untuk kasus 250 warga Bantul diketahui punya riwayat perjalanan dari Jakarta, saat ini sedang dilakukan tracing oleh Dinas Kesehatan Bantul. Untuk kasus 251 merupakan hasil tracing punya riwayat kontak dengan kasus 243 (pedagang ikan),” ungkapnya pada wartawan.

Sampai saat ini untuk klaster pedagang ikan yang diduga terpapar dari Pasar Kobong Semarang mencapai tujuh orang. Seluruhnya menjalani perawatan isolasi. Pedagang yang positif diketahui sempat melakukan perjalanan ke beberapa pasar di DIY sebelum akhirnya diketahui positif.

Selain itu, dilaporkan pula enam kesembuhan kasus hari ini yang membuat kumulatif DIY bertambah menjadi 191 orang. Seluruhnya mendapat dua hasil negatif hari ini dan dinyatakan sembuh dari Covid-19.

“Kasus 148 : Laki-laki (26) warga Bantul, Kasus 175 : Laki-laki (56) warga Gunungkidul, Kasus 196 : Laki-laki (26) warga Sleman, Kasus 201 : Perempuan (25) warga Sleman, Kasus 227 : Perempuan (25) warga Sleman dan Kasus 229 : Perempuan (36) warga Kota Yogya,” sambung Berty.

Sampai saat ini secara keseluruhan kasus positif di DIY berjumlah 249 di mana 191 sembuh dan 8 meninggal dunia. 50 orang masih menjalani perawatan di rumah sakit rujukan Covid DIY.

Sementara dilaporkan satu PDP meninggal dunia dengan hasil swab belum keluar yakni Perempuan (61) warga Bantul dengan penyakit kanker usus. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI