Pencak Silat Bantu Indonesia Usir Penjajah, Begini Ceritanya

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Pencak silat menjadi salah satu medium masyarakat Indonesia dalam upaya mengusir penjajah di era Belanda. Perjalanan pencak silat di Indonesia begitu panjang, dan tak lekang waktu karena diwariskan secara turun-temurun.

Pembahasan menarik ini muncul dalam sosialisasi empat pilar Pancasila, NKRI, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika bersama senator DIY, Afnan Hadikusumo yang juga Ketua Umum Tapak Suci Muhammadiyah, Sabtu (22/5/2021). Pendekar dari seluruh Indonesia mengikuti secara daring, termasuk cabang-cabang yang ada di berbagai belahan dunia ikut bergabung. Mereka bersinergi bersama dengan pendekar yang hadir langsung di kantor DPD RI.

Afnan mengatakan Pencak Silat merupakan salah satu unsur kepribadian bangsa Indonesia yang dimiliki dari hasil budaya turun temurun. Pencak silat sudah lama diperkenalkan di Indonesia yang bahkan dikala penjajahan Belanda digunakan untuk perlawanan.

Tersebutlah seorang Pesilat Tangguh yang bernama K.H. Busyro Syuhada mendapatkan murid-murid yang sanggup mewarisi keahliannya dalam seni pencak silat. Perguruan seni pencak silat ini didirikan pada tahun 1925 dan diberi nama Perguruan Seni Pencak Silat CiKauman yang dipimpin langsung oleh Pendekar M. Wahib dan Pendekar A. Dimyati, yaitu dua murid yang tangguh dari K.H. Busyro Syuhada.

Perguruan ini memiliki landasan agama dan kebangsaan yang kuat. Perguruan ini menegaskan seluruh pengikutnya untuk mengabdikan perguruan untuk perjuangan agama dan bangsa.

“Peguruan CiKauman melahirkan pendekar-pendekar muda yang akhirnya mengembangkan cabang perguruan untuk memperluas jangkauan dengan nama Perguruan Seranoman pada tahun 1930. Perkembangan kedua perguruan ini semakin hari semakin berkembang pesat dengan pertambahan murid yang makin banyak. Lahirnya pendekar-pendekar muda hasil didikan Peguruan CiKauman dan Seranoman memungkinkan untuk mendirikan perguruan-perguruan baru, yaitu Perguruan Kasegu pada tahun 1951,” ungkap Afnan.

BERITA REKOMENDASI