Pendataan Kendaraan Roda 4 atau Lebih Penerima Pertalite dan Solar Dimulai Besok

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com –  Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota/kabupaten dari 11 kota/kabupaten terpilih yang menjadi tempat uji coba pendaftaran atau pendataan kendaraan roda 4 dan lebih dari 4 penerima bahan bakar minyak (BBM) subsidi dan penugasan yaitu Solar dan Pertalite melalu website subsiditepat.mypertamina.id. Pendataan melalui website MyPertamina agar BBM subsidi tepat sasaran tersebut dilakukan di 17 SPBU yang ada di Kota Yogyakarta mulai Jumat (1/7).

” Yang perlu menjadi perhatian adalah pendaftaran website tersebut berbeda dengan aplikasi MyPertamina termasuk akunnya. Pendaftar adalah konsumen Pertalite maupun Solar kendaraan roda 4 atau lebih dari 4 kemudian akses website MyPertamina dan isi data diri, data kendaraan dan surat-surat kelengkapan termasuk foto per 1 Juli 2022. Setelah mendapatan konfirmasi maka akan ada QR code yang keluar melalui website maksimal dalam 7 hari. Pendataan baru dilakukan bagi roda 4 dan lebih dari 4 saat ini, kendaraan roda dua alias sepeda motor belum jadi jangan khawatir,” tutur Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho di Yogyakarta, Kamis (30/6).

Brasto menyampaikan QR Code khusus inilah yang dapat digunakan untuk bertransaksi pembelian Pertalite dan Solar di SPBU. Pihaknya menegaskan tengah fokus pada pendataan atau pendaftaran konsumen Pertalite maupun Solar roda 4 atau lebih di website MyPertamina. Apabila konsumen atau masyarakat memerlukan penjelasan lebih lanjut terkait program ini dapat menghubungi Pertamina Call Center 135.

” Ujicoba ini masih sebatas melakukan pendataan kendaraan, bukan untuk transaksi melalui aplikasi MyPertamina. Sehingga pembayaran di SPBU dapat menggunakan mekanisme yang sudah ada seperti tunai, kartu debit/kredit atau non tunai termasuk menggunakan aplikasi MyPertamina,” tandasnya.

Pertamina juga menyiapkan dua pos layanan guna membantu masyarakat yang kebingungan mendaftar sebagai pengguna Pertalite dan Solar. Dua pos layanan berada di SPBU Giwangan dan Kantor Pertamina Branch DIY-Surakarta di Jalan Margo Utomo Yogyakarta.

Sales Area Manager Retail Yogyakarta Ivan Syuhada menambahkan belum ada informasi lebih lanjut terkait apakah ada kemungkinan masa pendaftaran dan pendataan diperpanjang sejauh ini. Sehingga belum ada kepastian tentang kemungkinan pembatasan jumlah kendaraan yang berhak mendapatkan BBM bersubsidi ini.

“Ini benar-benar baru pendaftaran dan pendataan. Soal berapa banyak yang nanti menerima QR Code, kita belum sampai sana. Pendaftaran ini hanya diperuntukkan pemilik kendaraan roda 4 atau lebih pengguna Pertalite atau Solar. Artinya, pemilik kendaraan yang selama ini membeli Pertamax atau BBM non subsidi lainnya, maka sudah tentu tidak perlu mendaftar,” pungkasnya. (Ira)

BERITA REKOMENDASI