Pendidikan Agama Islam UIN Suka Luluskan Doktor Pertama

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Untuk pertama kalinya, Program Doktor Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berhasil meluluskan doktor sejak didirikan pada 2017. Dalam Ujian Terbuka, promovenda Rubini SPdI MPdI, mahasiswa angkatan 2018 berhasil mempertahankan disertasinya, Jumat (27/8).

Sidang Ujian Terbuka bersejarah tersebut dipimpin langsung Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof Dr Phil Al Makin MA didampingi Sekretaris Prof Dr H Abdul Munip MAg yang merupakan Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Hadir sebagai Promotor I dan sekaligus sebagai penguji I Prof Dr H Maragustam MA dan Promotor II/ Penguji II Dr H Sembodo Ardi Widodo MAg.

Bertindak sebagai penguji, Dr Usman SS MAg, Prof Dr Sangkot Sirait MAg, Prof Dr Hj Sri Sumarni MPd. Ketiganya merupakan dosen dan Guru Besar UIN Sunan Kalijaga serta Prof Dr Anik Ghufron MPd yang merupakan Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta.

Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Prof Dr Hj Sri Sumarni MPd yang juga menjadi penguji menyatakan, tahun 2015 menjadi amat bersejarah seiring dengan integrasi Program Magister ke Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Sejak tahun itu, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan terus berbenah, baik dalam aspek akademik, manajemen, maupun sarana dan prasarana.

“Empat tahun berlalu dan hari ini menjadi saksi bahwa Program Doktor Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga telah melahirkan seorang doktor baru, yaitu Dr Rubini SPdI MPdI. Diharapkan dengan lahirnya doktor perdana ini akan disusu para doktor baru,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI