Pengadaan Setara Beras 2020 Capai 98 Persen

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Perum Bulog Kantor Wilayah (Kanwil) DIY memastikan ketersediaan pasokan setara beras aman dan lancar yang mencapai 33.024 ton guna memenuhi kebutuhan pangan masyarakat DIY hingga Maret 2021. Selain memastikan ketersediaan beras, Bulog DIY tetap berupaya melakukan penyerapan produk petani lokal sehingga pihaknya berhasil merealisasikan pencapaian rencana pengadaan setara beras di DIY sebesar 98 persen dari target 2020 sebesar 53.000 ton.

Kepala Kanwil Perum Bulog DIY Juaheni yang akrab disapa Jojo mengatakan stok komoditi bahan pangan di gudangnya masih cukup aman setidaknya untuk tiga bulan kedepan. Perum Bulog Kanwil DIY melaporkan stok setara beras mencapai 33.024 ton, gula pasir 210 ton, minyak goreng 49.079 liter, daging kerbau 11 ton, daging sapi 2 ton dan tepung terigu 2 ton per Rabu (13/01/2021) ini.

“Kami membeli sesuai dengan harga pemerintah sehingga tidak ada masalah dalam penyerapan beras petani lokal, ini saya memantau langsung untuk melihat area panen. Sehingga ketersediaan beras di DIY sangat aman, kami memang fokuskan pengadaanya pada gabah atau setara beras agar sewaktu-waktu diperlukan baru digiling menjadi beras yang baru dan segar,” tuturnya kepada, Rabu (13/01/2021).

Jojo menyampaikan dalam hal ketersediaan beras maupun gabah, Bulog terus melakukan penyerapan-penyerapan khususnya gabah karena masih ada panen di DIY. Apabila stok beras atau gabah di DIY kurang, pihaknya bisa mengambil dari Perum Bulog Jawa Tengah (Jateng) semisal dari Klaten dan sebagainya. Namun, ketersediaan stok setara beras di DIY sendiri masih sangat banyak sehingga belum mendatangkan pasokan dari luar DIY.

“Kita terus melakukan penyerapan gabah hingga saat ini, meskipun ketersediaan pasokan setara beras yang kini disimpan Bulog Kanwil DIY cukup memenuhi kebutuhan masyarakat DIY setidaknya tiga bulan kedepan. Pasokan setara beras tersebut aman, apalagi kami sudah tidak melayani penyaluran rastra sehingga hanya untuk kepentingan bantuan sosial (bansos) dan beras premium komersial,” tandasnya.

Pihaknya juga telah berhasil merealisasikan setidaknya 98 persen rencana pengadaan setara beras 2020 di DIY yang ditargetkan sebesar 53 ribu ton. Dari sisi keterjangkauan, Bulog Kanwil DIY pun sudah berupaya melakukan pemenuhan stok komoditi bahan pangan pokok yang cukup, khususnya pasokan beras. Hal ini berarti, pihaknya bisa memenuhi kebutuhan dan keperluan masyarakat DIY. (Ira)

BERITA REKOMENDASI