Pengangguran Janjikan Pencari Kerja Jadi Satpam di Bandara Baru

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Seorang pengangguran menipu calon tenaga kerja dengan iming-iming bisa memasukan untuk bekerja di bandara baru Yogyakarta International Airport (YIA). Dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp, Yud (35) mengirimkan pesan tentang lowongan kerja fiktif kepada para korban. Dari aksi tipu-tipu tersebut warga Bekasi ini berhasil meraup uang hingga Rp 10 juta.

Modus yang dilakukan pelaku yakni mengirim pesan secara ajak ke ratusan nomor dengan harapan ada orang yang tertarik untuk mendaftar. Tak lupa dalam pesan itu tersangka juga menyertakan nomor ponselnya sebagai contact person.

Kapolsekta Mergangsan, Kompol Tri Wiratmo mengungkapkan salah satu yang menjadi korban yakni Aditha Wiryawan (34) warga Imogiri Barat Jetis Bantul. Kepada korban, pelaku menjanjikan bisa memasukan bekerja di Bandara YIA untuk menjadi seorang satpam.

"Korban tertarik kemudian menghubungi tersangka. Korban diminta mengirimkan uang secara bertahap hingga total mencapai Rp 10 juta," ungkap Tri Wiratmo di Mapolsekta Mergangsan, Rabu (18/07/2019).

Awalnya komunikasi antara pelaku dan korban berjalan lancar, namun saat uang telah dikirimkan tersangka mulai sulit dihubungi. Saat korban menanyakan kapan mulai bekerja, pelaku selalu beralasan dan terkesan menghindar.

Sadar telah ditipu, korban akhirnya melaporkan kasus yang dialaminya itu kepada Polisi. Setelah melakukan penyelidikan akhirnya tersangka berhasil dibekuk di salah satu rumah kontrakan kawasan Mergangsan.

"Tersangka sering berpindah-pindah kontrakan sehingga keberadaanya sulit ditemukan. Untuk sementara hanya satu orang yang melaporkan, bisa dimungkinkan masih ada korban  lain," terangnya.

Di hadapan petugas, tersangaka mengaku hanya asal membuka info lowongan tersebut dan sengaja merencanakan melakukan penipuan. Uang Rp 10 juta dari korban saat ini telah habis digunakannya untuk membeli berbagai kebutuhan. (Van)

BERITA REKOMENDASI