Pengaspalan Jalan Tak Terpengaruh Hujan

YOGYA (KRjogja.com) – Proyek pengaspalan jalan yang menjadi kewenangan Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Kota Yogya mulai dikerjakan. Kendati hampir setiap hari masih turun hujan namun proyek tersebut dipastikan berjalan seperti tahapan tanpa ada penundaan. Meski demikian, durasi hujan tetap dipertimbangkan.

"Kalau hujan hanya gerimis meskipun merata, tidak masalah. Kecuali kalau hujannya deras baru kami hentikan. Ada batas toleransi untuk durasi hujan yang masih bisa dimanfaatkan untuk pekerjaan dan tidak," urai Kepala Bidang Bina Marga Dinas Kimpraswil Kota Yogya, Wijayanto, Selasa (26/07/2016).

Ruas jalan yang sudah mulai diaspal ulang tersebut, imbuhnya, ialah jalan perkampungan. Di antaranya Jalan Karangsari, Jalan Mondoliko dan Jalan Wiring Kuning. Ketiga pekerjaan itu juga tidak terpengaruh oleh kondisi hujan dan sebagian memasuki tahap akhir.

Wijayanto menilai, kondisi hujan kategori gerimis juga tidak akan mempengaruhi kualitas atau ketahanan aspal. Pasalnya, sebelum ruas jalan diaspal sudah dilakukan pengeleman dengan suhu panas terlebih dahulu. "Kecuali jika hujannya deras, ya tidak berani dilanjutkan," imbuhnya.

Sementara itu, selain jalan perkampungan Dinas Kimpraswil Kota Yogya juga mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat untuk pengaspalan jalan protokol. Terdapat Rp 18 miliar yang diperuntukkan bagi 10 ruas jalan protokol.

Masing-masing ialah Jalan Singoranu, Jalan Ipda Tut Harsono, Jalan Ki Ageng Pemanahan, Jalan Gondosuli, Jalan Tentara Rakyat Mataram, Jalan Tri Darma-Kusuma, Jalan Munggur, Jalan AM Sangaji, Jalan Pramuka dan Jalan Kusbini-Langensari. Seluruhnya juga telah berhasil dilimpahkan ke Unit Layanan Pengadaan (ULP) maupun Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). "Sudah ada tiga pemenang, yakni Jalan Pramuka, Jalan Ipda Tut Harsono dan Jalan Kusbini-Langensari," tandas Wijayanto.

Tiga ruas jalan yang sudah diputuskan pemenang lelang, saat ini masih melengkapi berkas kontrak proyek. Ditargetkan pada Agustus mendatang, pekerjaan fisik pengaspalan di tiga ruas jalan itu bisa segera dilakukan. Sedangkan tujuh ruas jalan lainnya masih menunggu pemenang lelang di LPSE yang diharapkan paling lama September sudah tuntas. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI