Pengawasan Dilakukan Acak di Tempat-tempat Wisata

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemkot Yogya melakukan pengawasan protokol kesehatan secara acak di tempat-tempat wisata. Upaya tersebut guna menjamin keamanan bagi wisatawan maupun pelaku usaha selama libur lebaran tahun ini.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogya Wahyu Hendratmoko, menjelaskan meski laju penambahan Covid-19 harian di Kota Yogya dalam beberapa hari tidak ditemukan namun masyarakat harus tetap waspada.

”Sampai akhir pekan kami lakukan pengawasan secara random. Terutama di usaha jasa pariwisata dan sub sektor ekonomi kreatif. Protokol kesehatan harus tetap ditegakkan meski kunjungan meningkat,” jelasnya.

Salah satu bentuk pengawasan tersebut ialah pengelola destinasi wisata mampu mengawasi jumlah pengunjung yang masuk areanya. Jika kapasitasnya sudah penuh, maka loket harus ditutup sementara guna menghindari penumpukan wisatawan di dalam area wisata. Loket dapat dibuka kembali jika kepadatan wisatawan sudah terurai.

Dengan begitu potensi kerumunan yang besar bisa dihindari. Kendati demikian, kawasan wisata terbuka yang tidak terdapat loket khusus memang sulit untuk diawasi. Hal ini karena pengunjung bisa masuk dari berbagai lini dan kepadatan tidak bisa terhindarkan.

BERITA REKOMENDASI