Pengerjaan Revitalisasi Trotoar Jalan KH Ahmad Dahlan Dikebut

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Salah satu proyek fisik skala besar yang sudah dilakukan Pemkot Yogya ialah revitalisasi trotoar di Jalan KH Ahmad Dahlan. Ketersediaan waktu yang mepet membuat pekerjaan tersebut harus dikerjakan siang dan malam.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogya Umi Akhsanti, menjelaskan durasi pekerjaan sesuai kontrak ialah 100 hari. “Untuk antisipasi supaya waktu yang mepet ada beberapa langkah. Salah satunya pekerjaan dilaksanakan shift siang dan malam,” jelasnya.

Selain itu, kesiapan material sudah dipastikan sebelum penandatanganan kontrak. Sehingga pihak ketiga bisa lebih fokus pada teknis pekerjaan. Di samping itu, pekerjaan juga dibagi dalam dua segmen dengan dua kelompok pekerja.

Meski ruas trotoar di sepanjang Jalan KH Ahmad Dahlan cukup panjang namun pekerjaan tahun ini sesuai perencanaan memang belum dituntaskan 100 persen. Pekerjaan di tahun ini hanya sampai penggantian lantai teraso seperti yang ada di kawasan Titik Nol Kilometer.

Oleh karena itu fokus pekerjaan di sana ialah menyempurnakan utilitas di bawahnya, seperti penataan saluran limbah serta membuat ducting untuk serat kabel optik. “Kemudian untuk saluran limbah juga disempurnakan supaya kalau ada warga di sana yang hendak menyambung, tidak perlu membongkar trotoar,” urainya.

Sedangkan untuk tamanisasi dan street furniture, dilanjutkan tahun depan. Pekerjaan di Jalan KH Ahmad Dahlan juga tidak akan menambah luasan trotoar karena lebarnya saat ini sudah sesuai. Terkait keberadaan PKL di sana masih menunggu kebijakan Pemkot apakah kelak tetap diperbolehkan berjualan kembali atau tidak.

Camat Ngampilan Drs Tur Arya Warih, mengaku di wilayahnya terdapat empat PKL yang terdampak dari revitalisasi trotoar di Jalan KH Ahmad Dahlan sisi selatan. Surat izin yang ia berikan juga sudah tidak diperpanjang. Sedangkan pembinaannya dikoordinasikan bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Sementara proyek fisik skala besar lainnya yang dikerjakan ialah pembangunan saluran air hujan (SAH) di Jalan Kemasan, revitalisasi trotoar Jalan Jenderal Sudirman tahap II dan penataan kawasan Tugu Pal Putih. Akan tetapi yang sudah siap dikerjakan baru SAH di Jalan Kemasan, sedangkan dua pekerjaan lain masih proses kontrak. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI