Penghapusan Denda Tunggakan PBB Berakhir Hari Ini

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kebijakan remisi atau penghapusan denda pembayaran tunggakan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) akan berakhir Sabtu (31/08/2019) besok. Program yang sudah bergulir sejak 1 Agustus 2019 ini, dipastikan tidak akan diperpanjang.

Kepala Bidang Pembukuan dan Penagihan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Yogya Santosa, mengungkapkan remisi denda tunggakan PBB diatur melalui Peraturan Walikota (Perwal) 54/- 2019. "Dipastikan tidak ada perpanjangan karena kebijakan itu untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI," jelasnya.

Baca juga :

Yogya Tak Akan Kehabisan Destinasi Wisata
Lagi, Gelombang Suara Damai Papua Muncul dari Yogya

Oleh karena itu, wajib pajak diimbau mampu memanfaatkan sisa waktu dua hari ini dengan baik. Pasalnya, begitu memasuki 1 September 2019 dan seterusnya, denda tunggakan PBB secara otomatis akan kembali masuk dalam tagihan.

Selain tidak diperpanjang, tahun depan remisi denda tunggakan PBB juga belum tentu akan digulirkan kembali. Selain itu, meski berakhir Sabtu, namun wajib pajak yang hendak membayar melunasi tunggakan juga diimbau memanfaatkan pada Jumat (30/08/2019).

Layanan pembayaran PBB dapat dilakukan di sejumlah bank seperti BPD DIY, BNI, BRI atau melalui kantor pos. "Jika layanan perbankan dan kantor pos tutup, maka opsinya tinggal membayar secara online dan bisa dilakukan hingga pukul 24.00 WIB," imbuhnya.

Hingga saat ini, realisasi pembayaran tunggakan PBB selama pelaksanaan bulan bebas denda baru mencapai Rp 2,99 miliar. Jika dibandingkan dengan total nilai tunggakan PBB sejak tahun 1994 hingga 2018 yang mencapai Rp 75,3 miliar, maka realisasinya masih kecil. Selama dua hari tersisa dalam program remisi denda tunggakan PBB, diharapkan realisasinya bertambah. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI