Pengoperasian Jembatan Baru GL Zoo Tunggu Penggeseran Tiang Listrik

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Jembatan baru GL Zoo atau yang berada di sisi selatan ditarget bisa dioperasikan pada akhir tahun ini. Pengoperasian tersebut sangat bergantung dari penggeseran tiang listrik milik PLN serta normalisasi devider atau pembatas jalan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogya Windarto, mengaku manajemennya masih tetap seperti semula yakni satu arah ke barat. “Pengendara dari arah timur akan melintas di jembatan baru. Kemudian yang dari barat hendak ke timur lewatnya jembatan yang lama. Jadi masingmasing nanti satu arah,” jelasnya.

Jembatan yang sudah diselesaikan pekerjaannya pada tahun ini, sejauh ini juga masih ditutup. Pihaknya masih berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogya untuk melakukan normalisasi devider. Terutama pada bagian sisi barat karena untuk melakukan manuver kendaraan sehingga membutuhkan akses yang lebih luas.

Meski kelak sudah bisa dioperasikan, namun tidak membutuhkan rekayasa manajemen lalu lintas. Pengendara dari arah barat yang hendak melakukan crossing atau berbelok menuju Jalan Kebun Raya pun tetap bisa. “Kalau nanti semua sarana sudah siap, operasinya seperti semula. Semoga akhir tahun ini sudah bisa dibuka,” tandasnya.

Kepala Bidang Bina Marga DPUPKP Kota Yogya Umi Akhsanti, mengaku masih perlu melakukan pemantapan beberapa kali lagi dengan Dinas Perhubungan. Terutama mengenai kapasitas devider di sisi barat yang harus dinormalisasi agar memudahkan manuver kendaraan.

Terkait pemindahan tiang listrik, juga sudah dikoordinasikan dengan PLN. Namun hanya satu tiang listrik yang nantinya dipindah. Sedangkan satu tiang listrik yang berdekatan dengan ujung jembatan, tetap seperti semula karena memiliki cadangan yang strategis.

“Lokasi untuk menggeser tiang listrik juga sudah ditetapkan. Ukuran tiang nantinya juga diganti yang lebih kecil. Setelah tiang listrik dipindah, maka devider jalannya akan kami kepras,” katanya. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI