Pengunjung Maksimal 2,5 Jam, PKL Malioboro Mulai Gelar Dagangan

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Pedagang Kaki Lima (PKL) di selasar barat pedestrian Malioboro mulai membuka lapak dagangannya, Rabu (28/7/2021). Geliat pedagang mulai terlihat meski situasi Malioboro masih sangat sepi.

Berbeda, pedagang di pedestrian sisi timur yang biasanya didominasi penjual makanan masih terlihat sepi siang ini. Belum ada satupun yang berjualan terlihat dari utara atau depan Hotel Grand Inna hingga Malioboro Mall.

Kepala UPT Kawasan Cagar Budaya Malioboro, Ekwanto mengatakan para PKL memang berniat buka kembali Rabu hari ini setelah sebelumnya bergotong-royong melakukan penyemprotan disinfektan, Selasa (27/7/2021). Menurut Ekwanto, para pedagang tetap berkomitmen menjaga protokol kesehatan dalam kegiatan yang dilakukan setiap hari.

“Kemarin sudah dilakukan gotong-royong penyemprotan disinfektan dan teman-teman memutuskan untuk buka hari ini karena memang perpanjangan PPKM saat ini tak seketat sebelumnya. Semua sudah berikrar menerapkan protokol kesehatan, kami akan terus berusaha maksimal,” ungkap Ekwanto.

Ekwanto mengatakan pengawasan ketat juga dilakukan untuk pengunjung dari manapun berada. Kendaraan hanya diperkenankan parkir maksimal 2,5 jam sehingga para pengunjung tak bisa berada di Malioboro lebih dari waktu tersebut.

BERITA REKOMENDASI