Pengurus ADRI DIY Dilantik

YOGYA, KRJOGJA.com – Perkumpulan Ahli dan dosen Republik Indonesia (ADRI) merupakan asosiasi yang memiliki visi mewujudkan dosen yang professional dan berintegritas.

 

Pelantikan Pengurus ADRI Daerah Istimewa Yogyakarta dilaksanakan pada hari Rabu, 22 Desember 2021 di Auditorium Universitas PGRI Yoygkarta untuk periode 2021-2025. Pelantikan tersebut dilakukan langsung oleh Presiden ADRI pusat, Dr. H. Achmad Fathoni Rodli, M.Pd.

 

Dalam sambutannya, Presiden ADRI menyampaikan bahwa ADRI DIY merupakan centre of excellent di Indonesia, dimana dalam satu tahun, anggotanya mampu menghasilkan seratus artikel ilmiah yang terpublikasi di jurnal internasional bereputasi. Hal ini tidaklah mengherankan bahwa dalam kepemimpinan Dr. Ir. Paiman, yang juga sekaligus Rektor Universitas PGRI Yogyakarta pada periode sebelumnya rutin melaksanakan pelatihan dan bengkel scopus.

 

Dr. Ir. Paiman juga terpilih secara aklamasi sebagai Ketua ADRI DIY Periode 2021-2025 melalui SK No. 202/SK-DPP/ADRI/XII/2021. Ketua Umum ADRI DIY juga mentargetkan dalam lima tahun kedepan, ADRI DIY akan mentargetkan lebih dari serratus artikel bereputasi internasional dan mendorong anggotanya untuk meraih gelar tertinggi sebagai guru besar. Selain pelantikan, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman Bersama (MoU) sepuluh perguruan tinggi di Yogyakarta dalam publikasi ilmiah, penelitian, dan pengabdian masyarakat oleh masing-masing pimpingan perguruan tinggi.

 

Hadir pula dalam acara tersebut Prof. Wahyudi Kumorotomo, M.Hum yang juga sebagai penasehat ADRI serta Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Susunan pengurus ADRI DIY untuk periode 2021-2025 selain Ketua Umum Dr. Ir. Paiman juga diperkuat oleh ketua 1 Dr. Jumintono,M.Pd, Ketua 2, Dr. Suparmono, M.Si, dan ketua 3 Dr. Ir. Sri Gunawan, M.P.

 

 

Dengan 60 pengurus yang berasal dari dosen berbagai perguruan tinggi di DIY terbagi menjadi divisi publikasi dan jurnal, divisi Keilmuan, divisi kedharmaan, divisi Kerjasama, dan divisi kompetensi profesi dosen. Sekretaris ADRI DIY, Wahyudiyono, SE, M.M menyampaikan bahwa keanggotaan ADRI bersifat terbuka bagi seluruh dosen yang ada di DIY yang memiliki visi yang sama, yaitu memajukan tridarma perguruan tinggi dalam semangat kolaborasi.

 

Selain itu, dilantik pula Sekretaris 1 Endang Hariningsih, M.Sc dan Bendahara Dra. Titik Mulyaningsih, MBA dan Eni Munarsih, S.Pd, M.Sc.

Dr. Suparmono, M.Si sebagai ketua panitia penyelenggara sekaligus Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN mengucapkan terimakasih kepada seluruh fihak yang telah berkontribusi atas terselenggaranya acara pelantikan ini. Selain pelantikan dan penandatanganan MoU, juga dilaksanakan Inagurasi guru besar Prof. Santi Budiman, M.M yang merasa sangat terbantu dan terfasilitasi dalam pencapaian guru besarnya.

 

ADRI DIY tidak hanya mendorong seluruh anggotanya untuk mampu melaksanakan tridarma perguruan tinggi, tapi juga memberikan fasilitasi dalam bentuk pelatihan dan pendampingan kepada seluruh dosen yang berasal dari seluruh Indonesia. Melalui kolaborasi dengan Rumah Scopus, telah terselenggara pelatihan dan pendampingan penulisan artikel yang melibatkan ribuan dosen yang berasal dari berbagai daerah di luar Yogyakarta.

 

Kedepannya, hendaknya dosen-dosen yang kesulitan dalam menghasilkan penelitian, pengabdian masyarakat, dan publikasi ilmiah dapat bergabung dan bekerjasama dengan ADRI yang selalu terbuka dalam pengembangan keilmuan. Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Dr. Rudy Badrudin, M.Si yang juga sebagai ketua divisi . (*)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI