Pengurus ‘Dewa Peri’ Dilatih Kepemimpinan dan Komunikasi

YOGYA, KRJOGJA.com – Perkembangan jaman yang semakin pesat saat ini mendorong kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia harus mengalami peningkatan agar dapat bersaing dengan kompetitor di tingkat global.

Guna mengakomodir hal ini, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui program Solusi Bisnis Unggul menggelar Pelatihan Kepemimpinan dan Komunikasi Bagi Pengurus Desa Wisata Pentingsari (Dewa Peri) sekitar 30 orang. Hadir untuk membuka pelatihan, Kepala Kantor Cabang Utama (KCU) BCA Yogyakarta Anggardini di Eastparchotel Yogyakarta, Sabtu (23/02). 

"Seorang pemimpin dari skala kecil hingga besar dan dimana pun ditempatkan harus memiliki konsep kepemimpinan yang baik. Selain itu, keterampilan komunikasi yang efektif sangat penting untuk kesuksesan dalam banyak aspek kehidupan. Oleh sebab itu, dua aspek penting ingin kami kembangkan untuk pengurus Desa Binaan BCA, salah satunya bagi pengurus Desa Pentingsari,” urai Anggardini melalui keterangan persya, Selasa (05/03/2018).

Menurut Anggardini pelatihan ini bertujuan  memberikan pengetahuan dan keterampilan komunikasi yang efektif bagi pengurus desa wisata Pentingsari, sehingga mampu memimpin tim dengan solid sekaligus membekali para pemimpin agar dapat melayani masyarakat dan kelompok wisata dengan kultur kemasyarakatan. 

“Kami melihat perkembangan Desa Pentingsari dari waktu awal kami bina hingga saat ini sangat signifikan. Sehingga hal ini memotivasi BCA untuk terus memberdayakan SDM yang ada hingga mampu bertumbuh menjadi SDM yang berkualitas sehingga membawa Desa Pentingsari menjadi motivator bagi desa-desa binaan BCA lainnya. Selain meningkatkan SDM yang berkualitas, pelatihan ini juga bertujuan  membangun kepercayaan para penduduk desa sehingga mempunyai jiwa kepemimpinan yang proaktif dan terarah,” tambah Anggardini. 

Pelatihan ini, kata Anggardini juga dalam rangka regenerasi kepengurusan di desa wisata Pentingsari sekaligus sebagai bentuk partisipasi BCA dalam fungsi tanggung jawab sosialnya untuk turut serta mengembangkan bisnis di lingkungan komunitas maupun desa wisata yang dapat berkontribusi memakmurkan masyarakat daerah. 

"Pelatihan kepemimpinan ini diadakan atas dasar pentingnya mengembangkan salah satu faktor yang mendukung keberhasilan pengembangan industri pariwisata yaitu kualitas sumber daya manusia (SDM)." (*) 

BERITA REKOMENDASI