Pengurus PSMTI DIY 2021-2025 Siap Aktif dan Solid Bangun NKRI 

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sesuai bidang tugasnya masing-masing, jajaran Pengurus Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) DIY 2021-2025 segera menjalankan program-program kerjanya. Diharapkan terwujud kerjasama aktif dan solid antar bidang untuk menjalankan roda organisasi sesuai visi dan misi PSMTI pusat dengan menyesuaikan kondisi di DIY.

“Sesuai visi PMTI, suku Tionghoa warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bersama komponen bangsa Indonesia seluruhnya mempunyai hak dan kewajiban membangun NKRI menuju masyarakat adil dan makmur,” tegas Ketua PSMTI DIY Ellyn Subiyanti saat memberikan sambutan dalam Pengukuhan Dewan dan Pelantikan Pengurus PSMTI DIY 2021-2025, Minggu (23/01/2022) malam di Crystal Lotus Hotel.

Disebutkan visi PSMTI dengan meningkatkan kesadaran bermasyarakat, berbangsa dan bernegara secara berkelanjutan dan berkesinambungan. “Masuk dalam Arus Besar Bangsa Indonesia dengan turut serta secara aktif dalam pembangunan NKRI dalam segala aspek kehidupan. Memantapkan jati diri sebagai salah satu suku dalam Keluarga Besar Bangsa Indonesia, serta memberikan manfaat bagi Bangsa dan Negara terutama dalam bidang sosial, budaya, pendidikan dan kemasyarakatan,” jelasnya.

Diantaranya dalam waktu dekat ini PSMTI DIY akan membuka kursus Bahasa Mandarin. Sebab sebagai bahasa internasional banyak digunakan warga Tionghoa dari berbagai negara untuk berbisnis.

“Saat ini banyak warga Tionghoa yang sudah tidak bisa berbahasa Mandarin, juga kegiatan lainnya sosial, budaya, kemasyarakatan” ujar Ellyn bertekad mengembangkan PSMTI DIY agar jaya.

Sebelumnya penampilan Paduan Suara Bhakti Putera/PSMTI DIY membuka acara dengan menyanyikan Indonesia Raya, Mars PSMTI, dan Bagimu Negeri. Dilanjutkan Pengukuhan Dewan dan Pelantikan Pengurus PSMTI DIY dengan pembacaan SK oleh Wakil Kepala Departemen PSMTI Pusat, Huiniati.

Ketua Panitia Muwardi Gunawan dalam sambutannya menyatakan Pelantikan dan Pengukuhan sesuai Keputusan Musprov Luar Basa PSMTI Yogya 21 November 2021 yang memutuskan terpilihnya Ellyn Subiyanti secara aklamasi sebagai Ketua PSMTI DIY  2021 – 2025.

“Musprov juga telah menetapkan Tim Formatur yang membantu Ketua Terpilih membentuk kepengurusannya dan malam ini kita menyaksikan pelantikan. Semoga pengurus yang terbentuk kompak bersemangat bersatu padu mengangkat harum martabat suku Tionghoa, memberi berkat kesejahteraan Rakyat dan Negara Indonesia,” ujarnya.

Acara juga diisi Talkshow bersama Agung Budiono dan Jimmy Sutanto dengan moderator Muwardi Gunawan, membahas sejarah berdirinya PSMTI Pusat 1998 dan Paguyuban Bhakti Putera. “Bhakti Putera organisasi Tionghoa pertama yang berdiri pasca 1998 berawal dari arisan, kegiatan banyak berafiliasi dengan PSMTI hingga akhirnya 2012 turut membidani kelahiran PSMTI DIY,” jelas Agung. (Vin)

BERITA REKOMENDASI