Penjabat Bupati Kulonprogo Bakal Rangkap Jabatan

YOGYA (KRjogja.com) – Penjabat Bupati Kulonprogo yang akan dilantik Gubernur DIY mewakili Presiden RI ini merangkap jabatan nantinya.  Penjabat Bupati Kulonprogo akan menjabat sebagai penjabat bupati sekaligus tetap menjalankan jabatan definitifnya dengan alasan efektivitas.

Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda DIY, Beny Suharsono mengaku surat dari Kemendagri terkait usulan calon Penjabat Bupati Kulonprogo telah diterima dan disampaikan kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. "Nama penjabatnya akan diumumkan langsung oleh Sultan HB X pada Rabu (24/8/2016). Saya tidak berhak menyebut namanya," ujar Beny di Bangsal Kepatihan, Rabu (24/8/2016).

Beny menuturkan Penjabat Bupati Kulonprogo ini nantinya bertugas sama seperti penjabat sebelumnya, hanya untuk penjabat kali ini mendapat tugas baru tidak dibebaskan dari tugas jabatan definitifnya. Penjabat Bupati Kulonprogo yang dilantik ini nantinya merangkap jabatan dengan tugas jabatan definitifnya.

"Penjabat Bupati Kulonprogo ini nantinya merangkap jabatan. Hal ini tidak masalah demi efektivitas semata," kata Beny.

Dalam surat tersebut, Beny menjelaskan ada tiga klausul penjabat bupati yaitu untuk melaksanakan tugas pemerintahan, menyelenggarakan Pilkada dan menjaga netralitas. Penjabat Bupati Kulonprogo nantinya akan mempunyai tiga tugas utama diatas, jika ada tugas lainnya tentu akan dikonsultasikan dengan Gubernur DIY dan berkaitan dengan Pemerintah Pusat.

"Penjabat bupati masih tidak boleh melakukan tindakan ataupun kebijakan strategis kecuali dengan izin menteri," tandas Beny. (R-4) 

BERITA REKOMENDASI