Penjual Lampion dapat Berkah Lebaran

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Pengrajin dan penjual lampion malam takbiran mulai memenuhi sudut-sudut strategis Yogyakarta, Senin (04/07/2016). Mereka pun mulai panen rejeki dua malam jelang takbiran yakni Selasa (05/10/2016) mendatang.

Rata-rata pedagang menjual lampion dengan harga yang cukup seragam yakni antara Rp 25 ribu untuk jenis sterofoam dan Rp 50 ribu untuk jenis lampion benang. Yuni Astuti (32) salah satu penjual mengungkapkan, harga tersebut secara tidak tertulis digunakan para pedagang di kawasan Alun-Alun Utara untuk menghindari persaingan. "Saling menjaga juga mungkin jadi harganya sama, Rp 25 ribu untuk model sterofoam dan Rp 50 ribu untuk benang," ungkapnya.

Slamet (32) dan Arif Wicaksono (20) penjual lainnya mengatakan hal senada. Lampion malam takbir dijual dengan harga seperti yang dikatakan Yuni sebelumnya.

"Kami mengambil untungnya disesuaikan saja, tidak banyak yang penting laku karena ini sudah mendekati malam takbir. Harganya Rp 25 ribu dan Rp 50 ribu," ungkap Slamet.

Tahun ini, para pengrajin menyesuaikan permintaan pasar. Berbagai karakter seperti Spongebob, Doraemon, Naruto hingga Hello Kitty menjadi yang paling laris diburu pembeli yang sebagian besar anak-anak. Dalam satu hari mulai sore hingga malam hari, para penjual lampion di Alun-Alun Utara bisa menjual lebih dari 15 buah. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI