Pentas Dagelan Mataram Versi Jaman Now

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dagelan Mataram versi jaman 'now' kembali dipentaskan pada di Pendopo Dinas Kebudayaan DIY, Kamis (10/05/2018) malam. Mengusung cerita Malem Jemuah Kliwon tak sedikit pun membuat penonton takut, bahkan penonton justru tertawa di setiap adegan lucu yang dimainkan.

Sebelum pementasan dimulai, Wakil Kepala Dinas Kebudayaan DIY Singgih Raharjo dalam sambutannya mengatakan ingin menghadirkan kembali dagelan-dagelan seperti masa lalu. "Kami ingin melanjutkan dagelan-dagelan seperti Basio kala itu yang dibuat versi sekarang," katanya.

Dalam pementasan, diceritakan pada malam Jumat sosok hantu perempuan yang mengenakan kain warna putih dengan rambut panjang datang menghampiri orang tuanya. Di hadapan sang ayah, hantu itu berniat meminta pertanggungjawaban atas kematian yang menimpa dirinya.

Selain membunuh ia ternyata telah menghamili anaknya sendiri. Sampai akhir kisah ibu dari sosok hantu perempuan itu memintanya pulang kembali ke alam kehidupan. Kemudian melaporkan suaminya ke ranah hukum akibat persoalan yang terjadi.

Pentas dengan dialog berbahasa jawa ini diselenggarakan kali kedua. Para pemain diperankan oleh Sugeng Iwak Bandeng, Gita Gilang, Harien, Theresia wulandari 'Angkring’, Tuminten, Agus Digta, Rajiman dan Sihono. Pimpinan produksi dipegang oleh Arnik Widyasari, Indra T sebagai penggagas pementasan, Fajar Chotiet pada musik pengiring, serta Tholis Smreo dan Kocil Birawa pada tim kreatif. (Gumido)

BERITA REKOMENDASI