Penting, Kurikulum Pendidikan di Keluarga

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebagai salah satu bagian dari Tri Pusat Pendidikan, peran orangtua/keluarga dalam pendidikan sangat penting, di samping sekolah dan masyarakat. Bahkan peran orangtua bisa dikatakan kunci sukses pendidikan, karena merekalah yang punya waktu lebih banyak mendampingi anak saat di rumah.

Direktur Homeschooling Primagama (HSPG) Ir Kusnanto MM mengatakan, begitu pentingnya peran orangtua dalam pendidikan, seharusnya para orangtua memiliki kurikulum pendidikan (ala orangtua) yang diterapkan di rumah. Kurikulum tersebut dibutuhkan sebagai panduan supaya program yang dijalankan terarah dan mencapai target yang diharapkan.

"Orangtua itu juga sebagai guru sekaligus kepala sekolah bagi anaknya ketika berada di lingkungan keluarga, sehingga mereka juga perlu kurikulum dalam mendidik anak," terang Kusnanto kepada KRJOGJA.com disela kegiatan Parent Meeting di Kampus HSPG Yogyakarta, Kamis (13/12/2018). Parent meeting rutin diselenggarakan HSPG saat penerimaaan rapor, diikuti para orangtua siswa semua jenjang.

Menurut Kusnanto, spektrum pendidikan dalam keluarga sangat luas bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Saat makan bersama anggota keluarga, nilai-nilai tata krama, menghormati orang yang lebih tua, kesopanan bisa disisipkan orangtua lewat perbincangan santai dengan anak. Contoh lainnya saat mengajak anak berkunjung ke pusat perbelanjaan, bisa dikenalkan nilai-nilai kewirausahaan kepada anak. "Pendidikan di lingkungan keluarga lebih ditekankan pada pembentukan karakter, sehingga akan terbentuk karakter mulia dalam diri anak," ujarnya.

Dijelaskan Kusnanto, HSPG terus mendorong para orangtua untuk terlibat dalam proses pendidikan anak, baik saat di sekolah maupun di rumah. Kemudian untuk mencetak generasi yang punya kemampuan akademik, trampil dan berkarakter, HSPG menerapkan kurikulum K-13 berbasis modul. (Dev)

BERITA REKOMENDASI