Pentingnya 1.000 Hari Pertama Kehidupan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Bagi para orangtua, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah 1.000 hari pertama kehidupan. Sebab, masa-mana penting itu sangat berpengaruh terhadap tumbung kembang anak.

"Pada masa itu, rentang waktunya sangat terbatas. Maka disebut juga periode kritis. Jika ada nutrisi dan stimulasi yang tidak terpenuhi, akan menyebabkan kerusakan permanen di masa mendatang dan tidak bisa diperbaiki," ungkap Denny Gunawan Head of Corporate Media Relation Kalbe, Selasa (09/05/2017).

Menurut Denny, 1.000 hari pertama kehidupan dimulai dari janin terbentuk dalam kandungan sampai anak berusia 2 tahun. Atau dimulai pada masa kehamilan 9 bulan (270 hari) ditambah usia 0-2 tahun (730 hari). Dari situ, perkembangan otak tercepat terjadi pada periode ini. Bahkan tabung saraf juga sudah selesai terbentuk di minggu ke-4 kehamilan.

Untuk menentukan tumbuh kembang anak secara optimal tentu dipengaruhi faktor genetik, nutrisi dan stimulasi. "Untuk itulah perlu nutrisi pendukung yang berkualitas sejak masa pra kehamilan, kehamilan dan menyusui. Nutrisi yang penting untuk janin itu antara lain asam folat, kalsium, fosfor, magnesium + vit D, protein, zat besi, DHA dan kolin," imbuh Denny.

Pada masa itu, janin dan bayi bergantung sepenuhnya pada status gizi ibu untuk tumbuh kembang yang optimal. Salah satu susu yang mengandung nutrisi lengkap didalamnya ialah Prenagen. Susu ini adalah solusi nutrisi dalam membantu memenuhi kebutuhan ibu dan janin di awal 1.000 hari pertama kehidupan. (Adk)

BERITA REKOMENDASI