Pentingnya Lisensi Bagi Pemandu Wisata

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Keberadaan pemandu wisata merupakan unsur penting memperkenalkan sebuah objek wisata. Untuk itulah, keberadaan lisensi bagi para pemandu wisata menjadi hal utama.

Kasie Sumber Daya Manusia (SDM) Dinas Pariwisata DIY, Yemmy Rianawati mengatakan saat ini jajarannya sedang lakukan pendataan para pemandu wisata yang berada di kawasan wisata Kraton Yogyakarta dan Candi Prambanan. Pendataan ini penting untuk mengetahui yang berlisensi apakah lisensinya dipakai atau tidak.

“Kemudian yang belum punya lisensi diberi arahan untuk mengikuti pelatihan agar mempunyai lisensi. Ini sesuai dengan Pergub No. 28 tahun 2018," jelas Kasie Sumber Daya Manusia (SDM) Dinas Pariwisata DIY, Yemmy Rianawati disela pendataan pemandu wisata di kompleks wisata Kraton Yogyakarta.

Kegiatan pendataan pemandu wisata itu juga bekerjasama dengan DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) DIY dan Association og the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) DIY. Yemmy menambahkan, bagi pemandu wisata yang berlisensi kalau tidak dipakai lisensinya ada sanksinya. "Sanksinya bisa berupa teguran atau dicabut lisensinya," papar Yemmy. (Rdi)

BERITA REKOMENDASI