Penuhi Target Produksi Padi, DPKP Tempuh Cara Ini

Syam menegaskan pihaknya pun telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi dampak gangguan cuaca La Nina dengan curah hujan yang tinggi agar tidak mempengaruhi produksi tanaman pangan, khususnya padi di DIY. Upaya antisipasi tersebut antara lain melakukan pengamatan DPI secara dini dan intensif terutama di daerah rawan banjir di DIY dan meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait untuk memastikan kondisi sumber air maupun saluran pengairan.

“Kita tingkatkan sosialisasi dan himbauan kepada petani agar ikut Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) bagi wilayah yang rawan banjir atau bencana lainnya. Memantau prakiraan cuaca via BMKG dan mengakses website litbang pertanian guna mengetahui kalender tanam terpadu sebagai pertimbangan bercocok tanam,” tuturnya.

Wakil Kepala DPKP DIY ini menjelaskan petani juga diminta meningkatkan kewaspadaan dan menyiapkan sarana pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) baik hayati maupun kimia ke wilayah endemis Padi. Lahan pertanian di wilayah rawan banjir disarankan menggunakan benih padi toleran genangan yaitu Inpari 29, Inpari 30, Ciherang dan varietas unggul lainnya. (Ira)

BERITA REKOMENDASI