Penularan Covid dari Luar Daerah Dominan, DIY Awasi Ketat Pendatang

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit (RS) Rujukan Covid-19 di DIY melaportan satu kasus positif, satu kasus kesembuhan dan satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) meninggal dunia saat ini. Tiga laboratorium di DIY yang memeriksa 290 sampel dari 221 orang tersebut yaitu Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta, RSUP Dr Sardjito dan Fakultas Kedokteran (FK) UGM.

Sekda DIY Drs K Baskara Aji mengungkapkan, sejumlah upaya untuk pencegahan penularan Covid-19 terus dilakukan oleh Pemda DIY. Mulai dengan memperketat pengawasan terhadap para pendatang sampai melakukan swab maupun rapid test massal. Semua itu dilakukan untuk meminimalisir adanya penyebaran Covid-19 di DIY di wilayah. Walaupun dalam realitanya masih ditemukan adanya anggota masyarakat yang tidak memakai masker dan berkerumun di sejumlah fasilitas publik.

“Kendati rapid test massal terus diintensifkan, penerapan protokol kesehatan secara disiplin tetap menjadi keharusan. Apalagi menjelang diberlakukannya normal baru protokol kesehatan wajib menjadi budaya jika seseorang sedang beraktifitas di luar rumah.Karena cara ini masih diyakini paling efektif menekan adanya penularan Covid-19,”tambahnya.

Juru Bicara (Jubir) Pemda DIY untuk penanganan virus Korona Berty Murtiningsi mengatakan penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di DIY sebanyak 1 kasus, sehingga jumlah kasus positif secara komulatif menjadi 314 kasus. Kasus tersebut adalah kasus 316 perempuan (62) warga Sleman dengan riwayat kasus masih dalam penelusuran Dinkes Sleman.

BERITA REKOMENDASI