Penumpang Bandara Adisutjipto Naik 100 Persen

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Jumlah penumpang yang melalui Bandara Adisutjipto Yogyakarta dalam dua pekan terakhir naik 100 persen. Jika sebelumnya rata-rata setiap hari ada 108 penumpang yang naik turun, saat ini mencapai 220 penumpang.

“Kenaikan terjadi sejak Januari 2021 hingga sekarang. Kalau dibandingkan Januari 2020 sejak pesawat berbadan besar pindah ke Kulonprogo (Yogyakarta International Airport/YIA. red) sekarang cenderung naik,” Airport Commercial and Stakeholder Relations Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Sri Suyamti, Jumat (30/04/2021).

Saat ini hanya ada empat flight di Bandara Adisutjipto Yogyakarta dengan rute Jakarta melalui Bandara Halim Perdana Kusuma dan Surabaya. Untuk kenaikan penumpang, masih didominasi yang dari Jakarta.

Menurut Airport Operation, Services and Safety Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto Yogyakarta Celly Lewerissa, di Bandara Adisutjipto Yogyakarta saat ini hanya untuk pesawat ATR dengan kapasitas 74 penumpang. Saat ini rata-rata 64 penumpang sekali terbang. “Karena kami tetap harus memperhatikan protokol kesehatan. Termasuk di dalam pesawat dan tentunya selama di lingkungan bandara,” ungkapnya.

Mengenai kebijakan larangan mudik oleh pemerintah pusat, terhitung tanggal 6 Mei nanti sampai saat ini pengelola Bandara Adisutjipto Yogyakarta masih terus berkoordinasi dengan kantor pusat. (Awh)

BERITA REKOMENDASI