Penutupan Jalan Proyek Underpas Kentungan Ditunda

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Penutupan jalan dan pengalihan arus lalu lintas terkait proyek pembangunan Underpass (Jalan Bawah Tanah) Simpang Empat Kentungan (Jalan Kaliurang-Jalan Ringroad Utara) yang direncanakan mulai Senin (14/01/2019) hari ini, akhirnya ditunda pelaksanaannya pada Rabu (16/01/2019) lusa. Penundaan penutupan jalan yang dibarengi pengalihan arus lalu lintas tersebut dikarenakan ada sedikit permasalahan teknis di lapangan yang muncul, namun dipastikan penundaan tidak mempengaruhi dan mengganggu pembangunan konstruksi proyek Underpass Kentungan.

”Intinya ada sedikit masalah teknis yang muncul di lapangan, sehingga penutupan jalan untuk pembangunan Underpass Kentungan belum memungkinkan dilakukan Senin, 14 Januari 2019 tetapi diundur dan baru dilaksanakan Rabu, 16 Januari. Jadi penutupan jalan dimundurkan dua hari,” ujar Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Kretek 2 dan Underpass Kentungan CS Satuan Kerja Pelaksana Jalan (Satker PJN) Wilayah DIY, Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Sidik Hidayat.

Sidik mengatakan, dari inspeksi terakhir kesiapan final dapat diketahui siap atau tidaknya pengalihan arus terkait proyek pembangunan Underpass Kentungan yang dilaksanakan pada Minggu (13/01/2018) malam. Inspeksi final ini lebih difokuskan pada kesiapan pengalihan arus lalu lintas terkait kondisi di lapangan dan kesesuaian dengan zona pengalihan arus lalu lintas yang telah didesain sebelumnya.

”Selaku pelaksana proyek pembangunan Underpass Kentungan, kami sudah siap terutama dari sisi kesiapan internal alat-alat berat atau konstruksi yang bisa digunakan sewaktuwaktu ke areal proyek pembangunan. Kami hanya tinggal menunggu kesiapan pengalihan arus lalu lintasnya,” tandasnya.

Sidik mengungkapkan, hasil inspeksi akhir ternyata pengalihan arus lalu lintas proyek pembangunan Underpass Kentungan belum siap. maka penutupan jalan bisa ditunda. Penundaan penutupan jalan tersebut setidaknya hanya satu hingga dua hari dari tanggal awal yang telah direncanakan, sehingga dipastikan tetap tidak mengganggu tahapan pembangunan proyek Underpass Kentungan.

”Kita juga sudah menyiapkan berbagai cara supaya pembangunan Underpass Kentungan bisa diupayakan semaksimal mungkin. Salah satunya selama musim hujan,” ujarnya. (Ira)

BERITA REKOMENDASI