Penutupan Papan Jalan Malioboro Efektif Kurangi Kerumunan Warga

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemkot Yogyakarta selaku otoritas berwenang kawasan Malioboro tak memberlakukan penutupan arus lalu-lintas dan masyarakat pejalan kaki. Berdasarkan pengamatan CCTV dari cctv.jogjakota.go.id cukup banyak wisatawan yang berada di kawasan sepanjang Jalan Malioboro hingga Pasar Beringharjo dan titik 0 kilometer.

Di kawasan titik 0, wisatawan tak bisa duduk bersantai, berfoto maupun menghabiskan waktu bercengkrama. Pasalnya, Pemkot Yogyakarta menutup kawasan titik 0 dengan pagar pembatas sebagai upaya pencegahan kerumunan.

Sejauh pengamatan hingga tengah malam, strategi tersebut terhitung mampu mengurai kerumunan karena warga hanya bisa melintas mengarah ke timur (Taman Pintar) maupun sebaliknya kembali ke utara lagi. Arus lalu-lintas sendiri terpantau ramai lancar karena memang diberlakukan pembukaan arus menuju Malioboro.

Wisatawan rata-rata menghabiskan malam tahun baru dengan berjalan baik ke arah utara maupun selatan dengan sebagian besar mengenakan masker. Tak sedikit yang memilih duduk-duduk di kursi pedestrian karena hujan yang sempat melanda sebagian besar DIY sejak sore hari tadi berangsur reda pada pukul 23.00 WIB.

Sementraa itu papan plang nama Jalan Malioboro ditutup menggunakan terpal oleh Satpol PP Kota Yogyakarta, Kamis (31/12/2020). Hal tersebut dilakukan untuk mencegah wisatawan berfoto di lokasi ikonik tersebut yang berdampak pada munculnya kerumunan di momentum malam pergantian tahun.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan penutupan tersebut bersifat sementara untuk pencegahan terjadinya kerumunan orang. Pasalnya, pada momen biasanya, plang papan nama Jalan Malioboro menjadi tujuan utama wisatawan berfoto yang akhirnya menimbulkan kerumunan orang.

“Ini sebagai contoh kita peduli dan waspada. Kami awasi yang begini ini, ditutup biar tidak menimbulkan kerumunan orang. Ini (plang) selama ini jadi daya tarik berfoto wisatawan, yasudah kita tutup saja,” ungkap Haryadi. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI