Perajin Bonggol Jagung Buat Lukisan Sultan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Selama ini bonggol (batang) jagung oleh sebagian anggota masyarakat hanya dianggap sebagai sampah yang tidak berguna. Padahal jika mereka kreatif bisa diolah menjadi aneka jenis kerajinan yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi.

Paling tidak hal itu sudah dibuktikan oleh perajin bonggol jagung dari Minggir II Sendang Agung Minggir Sleman. Bahkan dengan bahan baku bonggol jagung para perajin tersebut berhasil membuat lukisan wajah Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

”Saat bersilaturahmi dengan Sri Sultan HB X, kami menyerahkan lukisan wajah gambar Ngarsa Dalem yang dibuat dari bonggol jagung. Meskipun menggunakan bahan baku yang sederhana, tapi Sultan mengaku sangat senang dan memberikan respons positif. Tidak hanya itu, kami juga sempat mendapatkan berbagai masukan untuk pengembangan usaha kerajinan bonggol jagung,” kata Ketua Perajin Bonggol Jagung Minggir, Stefanus Indri Sujatmiko usai bersilaturahmi dengan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X di Gedhong Wilis Kompleks Kepatihan, Senin (05/02/2018).

Stefanus Indri mengatakan, dalam lukisan yang dibuat secara manual tersebut, menggambarkan potret Gubernur DIY dari sisi samping. Meski secara sepintas lukisan tersebut terkesan sederhana, tapi untuk bisa menyelesaikan lukisan berukuran 30 x 40 sentimeter tersebut dibutuhkan waktu satu minggu lebih. Untuk bisa membuat lukisan tersebut, dibutuhkan ketelitian dan keahlian khusus.

”Sebagai masyarakat Yogyakarta, kami merasa sangat beruntung karena bisa bertatap muka dan menyerahkan hasil lukisan langsung kepada Ngarsa Dalem. Apalagi Sultan terlihat senang dengan hasil lukisan tersebut, sehingga menjadi motivasi tersendiri bagi kami untuk menghasilkan karya yang lebih baik,” terang perajin bonggol jagung dari Minggir tersebut.

Menurutnya, selain lukisan wajah Sri Sultan HB X, dirinya juga sudah membuat lukisan wajah sejumlah tokoh di Indonesia. Salah satunya Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Sayangnya, meskipun lukisan tersebut sudah selesai, namun dirinya belum mendapatkan kesempatan untuk bertemu secara langsung dengan Jokowi. (Ria)

BERITA REKOMENDASI